Selasa, 06 Februari 2018

Pariwisata Di Way Kanan Maju Pesat, Bupati Adipati Optimis Kembangkan Potensi Yang Ada

detikberita.info - Way Kanan Lampung - Bupati Hi,Raden Adipati Surya,SH.MM saat memimpin rapat koordinasi kepariwisataan, mengatakan perkembangan potensi pariwisata di Kabupaten Way Kanan dalam dua tahun ini cukup pesat.

"Saya sangat senang melihat peningkatan potensi pariwisata kita cukup pesat dalam dua tahun terakhir ini, hal ini terlihat dari besarnya antusias masyarakat yang sekarang lebih tertarik pada pariwisata lokal dan alami dari pada berwisata ketempat-tempat buatan, baik wisatawan lokal maupun luar daerah", Ucap Bupati kelahiran Bumi Ratu itu.

Adipati, mengungkapkan, untuk meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Way Kanan bukanlah hanya menjadi tugas yang dibebankan kepada Dinas Pariwisata saja tetapi juga memiliki keterkaitan dengan instansi lainnya.

"Jika hanya Dinas Pariwiata saja yang terus bergerak mempromosikan, pariwisata tidak akan berjalan secara optimal, perlu adanya kerjasama dengan dinas lain yang terkait, misal dengan memberdayakan potensi industri yang ada disekitar tempat pariwisata dapat dilakukan oleh Dinas Indag, insfrastruktur dapat diselesaikan oleh Dinas PU, pengembangan buah-buahan oieh Dinas Pertanian dan cindera mata dapat dikoordinasi oleh Dinas Indag, UMKM juga dapat dikoordinasikan oleh Dinas Koperasi, begitu juga dengan potensi yang lainnya", terang Bupati Bumi Ramik Ragom tersebut.

Selanjutnya, Raden Adipati  Surya juga meminta kepada Dinas-dinas terkait untuk fokus terhadap potensi-potensi yang berkaitan dengan pariwisata serta mengajak camat dan kepala kampung untuk benar-benar merumuskan BUMDes pariwisata agar dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pariwisata, senin, 5/2/2018 berlangsung diaula PKK setempat.

Rakor tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Saipul, S.Sos., M.IP dan Asisten bidang Pemerintahan  dan kesejahteraan Rakyat, Drs. Abu Kori, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwista, Drs. Harun Anosa, M.M., Kepala Dinas Pekerjaan Umum., Drs.Ali Rahman,M.T., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Yunada Atik,SE., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Selan, S.Sos.,M.M., Kepala Dinas Komerasi dan Usaha Kecil Menengah, Drs.Akhmad Basyar,AH.,M.M., Kepala Bagian Hukum, Indra Zakaria Rayusman,SH., Camat Blambangan Umpu, Camat Banjit, Camat Kasui, Camat Gunung Labuhan, Kepala Kampung dan Kelompok Sadar Wisata.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs, Rudi Joko Kurnianto, SH., memaparkan, terkait dengan perkembangan pariwisata dua tahun ini, hal itu sangat berpengaruh pada perkembangan perekonomian masyarakat yang berada disekitar tempat wisata. 

"Contoh dari sektor parkir saja sudah mencapai angka 6 juta pemasukan yang didapat untuk satu tempat pariwisata", ungkap Rudi.

Menurut Rudi Joko, jika hal ini terus dikembangkan maka akan memberikan peregangan pada pertumbuhan pariwisata dan menumbuhkan potensi yang ada.

"Terdapat sekitar 38 curup yang berpotensi dapat mengembangkan perekonomian daerah, para pelaku pariwisata juga sudah mulai tumbuh yaitu dari sektor transportasi, rumah makan, kelompok sadar wisata dan lainnya", jelasnya.

Rudi juga mengatakan perekonomian rakyat  yang sangat bergantung pada pertanian dan perkebunan selama ini itu tidak bisa mendukung percepatan kesejahteraan masyarakat karena sangat bergantung pada komoditas yang dijual, apalagi masih berkutat disektor hulu, paparnya./sofyan

Reales : kominfo/humas


Related Posts

Pariwisata Di Way Kanan Maju Pesat, Bupati Adipati Optimis Kembangkan Potensi Yang Ada
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.