Kamis, 05 Oktober 2017

Sukseskan Upsus Siwab, Bupati Agung Silaturahmi dengan Ensiminator peternakan


detikberita.info - Lampung Utara.
Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Agung Ilmu Mangkunegara. S.STP. MH, melaksanakan Silaturahmi dengan Ensiminator peternakan, serta masyarakat sekaligus pelayanan kesehatan ternak sapi secara gratis, dikediaman rumah Sukemi yang merupakan salah seorang warga Desa Kemalo Abung Kecamatan Abung Selatan Kabupaten setempat. Kamis (5/10/2017).


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Lampura, Sofyan menjelaskan adapun program palayanan kesehatan secara gratis meliputi inseminasi buatan / kawin suntik, pemberian vitamin dan obat cacing, pemeriksaan gangguan reproduksi dan pemeriksaan kebuntingan sebanyak 500 ekor dan dalam rangka mensukseskan program Upsus Siwab (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) tahun 2017.


Selanjutnya, diberikan juga kartu ternak sebagai kartu edintitas Peternak dan edintitas ternak itu sendiri, dengan tujuan agar memudahkan monitoring terhadap pelayan kesehatan ternak dan peternak akan diberikan Program asuransi Usaha ternak sapi bagi ternak sapi betina, dengan jumlah premi 200 ribu pertahun, akan tetapi masyarakat disubsidi pemerintah dengan membayar 40 ribu saja, sedang program untuk klaim asuransi ternak tersebut, apabila ternak mati, maka akan diganti oleh PT Asuransi Jasindo dengan nominal klim sebesar 10 juta/ekor.


Ditempat yang sama, Turidi, merupakan tokoh masyarakat, mengungkapkan bahwa diKabupaten Lampung Utara baru saat ini diberikan pelayanan kepada peternak sapi, dilokasi ini kami sudah tidak ada lagi lahan untuk beternak sapi, yang saat ini kami harus menernak sapi ke desa sebelah.


Selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis bantuan benih jagung, adapun bantuan Benih tersebut diberikan kepada masyarakat Desa Kemalo Abung untuk 320 Hektar bibit jagung.


Sementara dalam sambutannya, Bupati Agung, merasa bangga kepada petugas ensiminator yang telah melayani masyarakat dalam bidang peternakan di Kabupaten Lampung Utara dan ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar Lampung Utara menjadi lumbung ternak nasional dalam rangka menunjang ternak baru sekaligus untuk menambah pengahasilan masyarakat.


"Saat ini Lampung Utara telah berusia 71 tahun dan saat ini diperlukan masyarakat untuk bersama sama bersatu padu dalam memajukan Lampung Utara, agar lebih baik lagi". Katanya.


Terkait memasuk musim Pancaroba, Bupati Agung menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati hati, jaga kesehatan, jaga kebersihan dilingkunagan masing masing.


Bupati Agung juga meminta kepada masyakarat agar menjaga lahan untuk peternakan agar jangan sampai membangun pembangunan tidak mengindahkan lahan peternakan.


Diakhir sambutannya Bupati juga meminta kepada seluruh Kepala Satker agar dapat melayani masyakat dengan bersungguh sungguh, dalam rangka mensejahterakan masyarakat dan usai memberikan sambutaan, Bupati Agung langsung memberikan palayanan kesehatan secara gratis meliputi inseminasi buatan / kawin suntik secara simbolis. (fis)

Related Posts

Sukseskan Upsus Siwab, Bupati Agung Silaturahmi dengan Ensiminator peternakan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.