Sabtu, 03 Juni 2017

Mantap, Wabup Widodo Bertindak selaku Inspektur Upacara Di Hari Lahirnya Pancasila

detikberita.info - Lampung Utara.
Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 72, dihalaman Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara. Kamis (1/6)

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Lampung Utara, dr. H. Sri Widodo, M.Kes.,SP.Pd.,FINASIM, turut Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Asisten, Staf Ahli, Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan seluruh staf ASN Kabupaten Lampung Utara

Sambutan Presiden Republik Indonesia (RI) yang dibacakan oleh Wakil Bupati Lampung Utara mengatakan upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus1945 adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia dan itulah Kebhinekaan Tunggal Ika. Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, Kebhinekaan di Negara Indonesia ini sedang diuji, karena saat  ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan takkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menyebarkan kabar bohong atau hoax

Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia bisa terhindar dari radikalisme, dapat saling hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan Negara Indonesia dan dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk pembangunan dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan.

"Kepada seluruh elemen masyarakat, agar dapat terus menjaga Pancasila serta pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan" Kata Wabup Widodo membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, seluruh elemen masyarakat harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang Anti-Pancasila, Anti-UUD 1945, Anti-NKRI, Anti-Bhinneka Tunggal Ika, serta Pemerintah akan bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang dibumi Indonesia.

Diakhir sambutannya, "Jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan diantara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu,  bergotong royong demi kemajuan Indonesia". Pesan Presiden Republik Indonesia

"Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila". Lantangnya. (fis)

Mantap, Wabup Widodo Bertindak selaku Inspektur Upacara Di Hari Lahirnya Pancasila
4/ 5
Oleh