Kamis, 01 Juni 2017

Adipati Surya, Menjaga Pancasila Dalam Bingkai NKRI

detikberita.info- Way Kanan.
Pemerintah Kabupaten Way Kanan menyelenggarakan Upacara peringatan Hari Lahir pancasila, berlangsung di lapangan Kabupaten setempat,kamis (1/6/17) Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Hi.Raden Adipati Surya SH,MM, juga dihadiri oleh Wakil Bupati DR.Drs.Hi.Edward Antony, MM, Anggota Forkompida, Sekretaris Daerah Ir.Hi.Bustam Hadori,MM, para Staf Ahli Bupati, para asisten dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan serta diikuti Ratusan Peserta Upacara yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara, TNI/POLRI, pelajar dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda.

Saat membacakan pidato Presiden RI Joko widodo ,Bupati Adipati Surya mengatakan,"Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme,konflik sosial,terorisme maupun perang saudara.
Dengan Pancasila serta UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut, kita bisa
hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri.
Indonesia adalah harapan serta rujukan masyarakat internasional yang dapat membangun dunia damai,adil dan makmur ditengah kemajemukan."Ucap Bupati Bumi Ramik Ragom tersebut.

Oleh karena itu,sambungnya," Saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor,
bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media,
jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.
Pemahaman juga pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan.
Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman juga pengalaman nilai-nilai Pancasila."Papar Adipati.

Komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat.
Berbagai upaya terus kita lakukan. Telah diundangkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun
2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. lembaga baru ini ditugaskan untuk memperkuat pengalaman Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan.
Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya."Ungkap Bupati Way Kanan itu.

Pada kesempatan ini Bupati Raden Adipati juga menghimbau untuk tetap menjaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita.
Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu
untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi
kemajuan Indonesia.(14N)

Adipati Surya, Menjaga Pancasila Dalam Bingkai NKRI
4/ 5
Oleh