Jumat, 25 Agustus 2023

ORMAS ALIANSI PEMUDA INDONESIA (API) LAMPUNG UTARA MEMINTA TIM AUDIT BPK/BPKP UNTUK TURUN MENGAUDIT PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA MADUKORO DIDUGA ADA MARK UP ANGGARAN TH 2023

Web : detikberita.info

Kitabumi
Pembangunan jalan onderlagh bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023 di Desa Madukoro, Kecamatan, Kota Bumi Utara, Kabupaten Lampung Utara di duga ada mark up anggaran dan terkesan pembangunannya asal jadi, Jum,at (25/08/2023) .

Betapa tidak, kegiatan yang telah mencapai titik finishing dengan volume panjang di anggarakan dengan jumlah anggaran yang cukup fantastis dan tidak terlihatnya papan atau pagu anggaran, di perparah dengan kondisi pekerjaan yang diduga carut marut di mana batu onderlah nya yang seharus nya disusun berdiri, kami dari tim ormas Aliansi pemuda Indonesia (API) kabupaten Lampung Utara melihat batu nya tidur semua dan banyak di pakai batu kecil kecil, ada batu yang di pakai batu 3/5 ada batu yang 2)3, bukan nya batu 7/9 Cm sesuai dgn jalan onderlah yang seharus nya di pakai untuk membuat jalan onderlah.


Hal tersebut diketahui setelah tim ormas API turun kelapangan dan juga beberapa awak media lakukan investigasi di lokasi kegiatan, menemukan beberapa kejanggalan dalam tekhnis pengerjaan Peroyek tersebut yang telah kami ambil gambar dari lokasi langsung di Peroyek jalan inprstruktur Desa Madukoro tersebut.

Di duga juga sebelum penyusunan batu onderlah pun tidak dilakukan tidak disiram pasir atau penghamparan pasir, serta kedalaman penggalian berm (penguncian) tidak sesuai dengan RAB yang ada.

Sewaktu kami konfirmasikan kades Madukoro ( Andre Johan) selalu tidak ada ditempat dan Sukar di temui dan sukar untuk di kompermasi, mengenai Peroyek Jalan Onderlagh yang ada di desa madukoro tersebut, kami dari Tim kesulit mencari keberadaan kades tersebut.

Pada Ahir nya ketua ormas Aliansi pemuda Indonesia (API) kabupaten Lampung Utara Fahrul Rozi mengatakan dan memintak Tim audit BPK atau BPKP untuk segera mengaudit pembangunan inperastruktur jalan desa madukoro, karna diduga pembangunan jalan inprstruktur tersebut tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dan diduga ada korupsi Anggaran Dana Desa (DD) desa madukoro harus di tindak sesuai dengan aturan Hukum yang berlaku ujar Nya.

Mengenai lokasi pembuatan jalan onderlagh, awak media mengatakan terbagi menjadi dua titik lokasi dimulai dari RK. 01 hingga RK. 02 dengan total volume tidak diketahui karna tidak ada keteransparanan, pagu atau papan informasinya.

Pada saat kami memawancarai Camat Kota bumi Utara, dibtempat kerja nya mengatakan bahwa beliau tidak bisa berkomentar dan menanggapi terlalu dalam dan tidak juga bisa berkomentar banyak, karena menurutnya terkait hal tersebut ada pihak-pihak yang lebih berkipenten membidangi nya,
Saya hanya berharap pembangunan yang bersumber dari dana agaran negara di pergunakan sebaik baik nya sesuai dengan juknis dan RAB yang telah di tentukan kata nya. (Joni Irawan)



ORMAS ALIANSI PEMUDA INDONESIA (API) LAMPUNG UTARA MEMINTA TIM AUDIT BPK/BPKP UNTUK TURUN MENGAUDIT PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA MADUKORO DIDUGA ADA MARK UP ANGGARAN TH 2023
4/ 5
Oleh