Selasa, 10 Oktober 2017

Sekda Samsir Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia


detikberita.info - Lampung Utara.
Bupati Lampung Utara (Lampura), di Wakili oleh Sekretaris Daerah Lampura, Drs. H. Samsir. MM, menghadiri dan memberikan sambutan sekaligus arahan dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Kabupaten Lampura Tahun 2017, di Lapangan Parkir Stadion Sukung Kotabumi. Selasa (10/10/2017).


Nampak hadir, Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Utara, dan masyarakat.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lampura, diwakili Sekretarisnya, Weli Ahmad. ST. MT, melaporkan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2017 ini mengangkat tema "Conneting People Of Nature", diharapkan kepada masyarakat dapat menjaga lingkungannya dan memperhatikan alam dalam kelangsungan hidup kita.


Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Bidang Lingkungan Hidup Kabupaten Lampung Utara oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara.


Dalam sambutannya, Sekda Lampura mengatakan bahwa lingkungan alam memiliki arti yang sangat besar dan bisa dikatakan sangat menentukan bagi keberlangsungan hidup manusia maka untuk itu, sangatlah tepat bila Badan Lingkungan Hidup Dunia atau United Nations Environment Programme (UNEP) menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 ini yaitu "Connecting People to Nature" atau secara ringkas kita menyebutnya dengan tema "Menyatu dengan Alam".


"Melalui tema ini, mengajak kita untuk hadir bersama dengan alam, menghargai pentingnya keselarasan antara manusia dengan alam, memperlakukan alam secara proporsional, demi kelestarian alam dan kelangsungan hidup penghuni bumi". Ujar Sekda Samsir.


Masih dalam sambutannya, Sekda mengatakan kita seharusnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, untuk dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, bukan hanya mengelola dalam arti eksploitasi, tetapi harus proporsional dengan konsep keberlanjutan dan berwawasan lingkungan.


Sekda juga menjelaskan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara telah berupaya secara nyata, agar lingkungan hidup kita dapat terpelihara dan lestari, termasuk dalam hal penanganan dan pengelolaan sampah, etiap hari Jum'at kita laksanakan Gerakan Jum'at Bersih, para petugas kebersihannya juga bekerja membersihkan sampah 3 kali dalam sehari, membersihkan dan mengeruk saluran air dan sungai, serta menanam pohon pelindung dan tanaman hias dan lain sebagainya, termasuk memberikan penyuluhan tentang pentingnya kebersihan lingkungan.


"Dan Alhamdulillah, atas kerja keras kita bersama, setelah sekian lama kita nantikan, akhirnya di tahun 2017 ini kita pun berhasil meraih Piala Adipura dari Pemerintah Pusat." Ungkap Sekda Samsir.


Selai itu, Sekda memaparkankeberhasilan ini adalah sebuah capaian kinerja yang membanggakan bagi kita semua, apalagi di tahun ini, Bupati Lampung Utara mendapatkan penghargaan dari Gubernur Lampung sebagai Bupati yang berkinerja terbaik dalam melakukan pengelolaan sampah, kebersihan dan keteduhan.


Tidak hanya itu, penghargaan lainnya juga diberikan oleh Gubernur Lampung kepada Kabupaten kita, untuk itu, saya sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada SMPN 6 Kotabumi dan MTsN 1 Lampung Utara yang tahun ini memperoleh penghargaan Adiwiyata dari Gubernur Lampung, serta kepada Bapak Feri Ferdiansyah dari Desa Gunung Gijul Kecamatan Abung Tengah, yang memperoleh penghargaan Kalpataru katagori Pengabdi Lingkungan dan Kelompok Masyarakat Pengelola Hutan (KMPH).


"Mudah-mudahan, prestasi ini dapat menambah semangat kita semua untuk terus terpacu berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan lingkungan kita". Katanya.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekda Lampura mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Lampung Utara, terutama kepada para petugas kebersihan yang tidak kenal lelah bekerja membersihkan sampah. (fis)

Sekda Samsir Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia
4/ 5
Oleh