Selasa, 22 Agustus 2017

Capai Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Gelar Public Expose


detikberita.info - Lampung Utara.
BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial) Kesehatan Cabang Kotabumi menggelar Public Expose dalam rangka pencapaian program JKN-KIS dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia, adapun kegiatan dilaksanakan di RM Wan Ajo jalan Jenderal Sudirman depan kantor Pemda Kabupaten Lampung Utara. Selasa. (22/8/2017).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan cabang Kotabumi, Mahmul Ahyar. SE, Kepala Bidang SDM, Umum dan komunikasi publik, Edi Mulyadi. SE, Kepala Bidang perluasan peserta dan kepatuhan, Fitrianda Aria Sasmita. S.Kep, Petugas pemeriksa dan kepatuhan, Ni Nyoman Suadi. S.si serta Febby Khoirunnisa. SH selaku Staf SDM dan Komunikasi internal, sementara dari pihak media dihadiri oleh 10 awak media cetak dan online dilingkup wilayah Kabupaten Lampung Utara.


Dalam Pemaparnya, Mahmul Ahyar selaku Kepala BPJS Kesehatan cabang Kotabumi, mengatakan bahwa bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berdampak terhadap pelayanan kesehatan masyarakat dan program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan.


Secara bertahap, Program JKN-KIS pun terus berkembang pesat hingga kini dan bergerak menuju cakupan semesta, hingga sampai dengan saat ini, secara nasional jumlah masyarakat yang telah mengikuti Program JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa atau lebih dari 70% dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia di tahun 2017.


Lebih dalam Mahmul Ahyar menjelaskan, dalam laporan audited akhir tahun 2016 memberikan gambaran bahwa program JKN-KIS sangat dirasakan masyarakat. Ini terlihat dari pemanfataan kartu BPJS Kesehatan di 2016 secara nasional sebanyak 177,8 juta kunjungan ke fasilitas kesehatan, angka kunjungan ini terus meningkat dari tahun 2014 sebanyak 92,3 juta, dan tahun 2015 sebanyak 146,7 juta.


Dan total pemanfaatan di 2016 ini terdiri dari kunjungan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktek perorangan mencapai sekitar 120,9 juta kunjungan, untuk rawat jalan di poliklinik dan rumah sakit sebanyak 49,3 juta dan rawat inap 7,6 juta.


Untuk pencapaian kantor cabang Kotabumi, lanjut Mahmul Ahyar, yakni pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi sendiri yang mencakup Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat, Way Kanan dan Pesisir Barat, juga terus mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi mencapai 1.026.190 jiwa, termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Lampung Utara melalui program PBI APBD sebanyak 48.000 jiwa, Pemerintah Daerah Lampung Barat sebanyak 7500 jiwa, Pemerintah Daerah Way Kanan sebanyak 10.142 jiwa dan Pemerintah Daerah Pesisir Barat sebanyak 5.234 jiwa
Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama.


"Saat ini Kantor Cabang Kotabumi telah bermitra dengan 115  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 68 Puskesmas, 17 Dokter Praktik Perorangan, 30 Klinik Pratama, Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi juga telah bekerja sama dengan 8 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 8  Rumah Sakit, 3 Apotek, serta 1 Optik". Terang Ahyar.


Dirinya juga menjelaskan saat ini BPJS Kesehatan cabang Kotabumi juga membangunan sinergitas berasama pemerintah kabupaten Lampung Utara dengan seluruh satkernya.


"Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS, selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, kedepan kami harapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019". Ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi.


Menutup pemaparnya, Mahmul Ahyar menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mana masyarakat yang sebelumnya dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang, Kantor Layanan Operasional Kabupaten/Kota, Website, dan Bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 dan tak cukup sampai disitu, kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan dan Kantor Kecamatan, Pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJS Kesehatan, melalui Kader JKN serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN, pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti mall dan tempat perbelanjaan lainnya. (fis)

Related Posts

Capai Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi Gelar Public Expose
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
5 September 2017 03.28

Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!!
ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
ONLY ON BOLAVADA
Info lebih lanjut silahkan hubungi operator kami:
BBM : D89CC515
No. HP : 0812-8836-2917
+6281297272374
081288362917
LINE : Bolavada
Terima Kasih
Bonus 10% All Games Bolavada
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!!
BBM : D89CC515

Reply