Jumat, 08 Desember 2023

Sambut HUT Ke-78 Kodam Sriwijaya, Kodim 0421/LS Perintahkan Jajaran Lakukan Kegiatan Karya Bakti TNI

LampungDalam rangka menyambut hari ulang tahun Ke- 78 Kodam II/Sriwijaya, Kodim 0421/LSl memerintahkan jajaran Koramil untuk menggelar kegiatan karya Bakti TNI dengan program Penanaman pohon.


Lokasi penanaman pohon saat ini oleh Koramil 0421-09/Tjb Bertempat di Gunung Batu Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, pada Jumat (08/12/2023).


Selain dalam rangka HUT Ke- 78 Kodam II/Sriwijaya,  penanaman pohon yang dilakukan merupakan upaya dalam penanggulangan dan antisipasi bencana alam banjir ataupun tanah longsor serta mewujudkan fungsi lingkungan hidup dan meminimalisir dari dampak  pemanasan global yang merupakan kegiatan antisipasi Mitigasi bencana Alam.


Koramil 0421-09/Tjb melaksanakan Karya Bakti penanaman pohon bersinergi dengan Dinas Kehutanan, Polsek Tanjung bintang, Kecamatan, Kelurahan, dan masyarakat kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh anggota Koramil 0421-09/Tjb. Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain pohon Mahoni, Bambang Lanang, Meranti, petai dan tanaman lainnya.


Danramil kapten inf Tarekat yang ada di lokasi menyampaikan, Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan kegiatan program TNI Angkatan Darat yang langsung ditindaklanjuti oleh Dandim Letkol Inf Fajar Akhirudin.S.I.P., M. Si memerintah Koramil Tanjung Bintang untuk melaksanakan penanaman pohon, kami ucapkan Terimakasih kepada kades Srikaton yang berkenan memberikan tempat dalam pelaksanaan ini.


“Tujuan Penanaman pohon ini juga untuk tercapainya fungsi lingkungan hidup, terjaganya sumber daya alam, terkendalinya pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana serta terkendalinya polusi atau pencemaran udara," ujarnya.


Lanjutnya, Danramil juga menjelaskan Dengan adanya penanaman pohon penghijauan ini dapat mengurangi dampak pemanasan global dan kekeringan. Disisi lain disaat musim penghujan pohon-pohon yang ditanam dapat meminilisir bencana seperti tanah longsor dan banjir khususnya diwilayah Kecamatan Tanjung bintang, jelasnya.


Kepada masyarakat Koramil 421-09/Tjb juga mengajak untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah Daerah dalam gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan dengan menggalakkan penghijauan dilingkungan sekitar, terangnya.


“Mari sama-sama peduli terhadap lingkungan dengan menjaga lingkungan demi generasi penerus kita,” pungkasnya.


Sementara itu Kades Srikaton Patmawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0421/Lamsel khususnya Koramil 421-09/Tjb, Kapolsek, Kecamatan dan Dinas Kehutanan atas terselenggaranya kegiatan penanaman pohon di wilayahn Gunung Batu ini, Semoga dengan adanya penanam pohon ini dapat antisipasi mengurangi intensitas banjir di wilayah desa Srikaton Kecamatan Tanjung bintang, ucap kades (*).

Sambut HUT Ke-78 Kodam Sriwijaya, Kodim 0421/LS Perintahkan Jajaran Lakukan Kegiatan Karya Bakti TNI
4/ 5
Oleh