Minggu, 14 April 2024

Orang Baik, Polisi Kembalikan Tas Pemudik Berisi Uang Ratusan Juta Rupiah

DB - Lampung - Seorang anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Polda Lampung bernama Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik yang tertinggal di toilet.


Saat menemukan tas pemudik tersebut, Aiptu Supriyanto langsung bergegas mengumumkannya menggunakan TOA Masjid di Rest Area setempat, lalu mengembalikannya.


Peristiwa itu terjadi saat arus balik lebaran 1445 H, Minggu (14/4/24) sekira pukul 07.00 WIB di Rest Area KM 116 A, Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni - Palembang, wilayah Kecamatan Bumi Ratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah yang pada saat itu kondisinya sedang ramai pemudik beristirahat.


Aiptu Supriyanto awalnya sedang melakukan patroli jalan kaki sekaligus memberikan himbauan di lokasi sekitar tempat peristirahatan pemudik.


"Saat sedang patroli, saya temukan tas pemudik yang tertinggal dengan posisi tergantung di tembok toilet umum no 3 Rest Area," kata Aiptu Supriyanto mewakili Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M saat di konfirmasi.


Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB Rest Area.


"Saat dibuka, isinya uang tunai pecahan lebih kurang senilai Rp. 100 juta. Selain itu ada barang berharga berupa Hp, Paspor dan dompet yang berisi identitas pemilik," terangnya.


Tak menunggu lama, Pak Polisi berhati mulia itupun langsung mencari pemilik dengan mengumumkan melalui TOA Masjid dan melakukan panggilan telepon ke nomor kerabat yang ada.


Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di Masjid Rest Area lalu mengembalikan tas pemudik itu.


Diketahui, pemilik tas tersebut adalah Sukisno (55) pemudik yang hendak pulang ke Belitang, Sumarera Selatan, setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa.


"Saat itu, yang ada dalam pikiran saya, pokoknya tas ini harus segera kembali ke yang punya," kata Aiptu Supriyanto


"Sebelum sang pemilik tas melanjutkan perjalanannya kembali, makanya respon saya cepat untuk mengembalikan barang pemudik itu sebelum jauh," ungkapnya.


Aksi Polisi berhati mulia ini pun menyita perhatian masyarakat, para pemudik yang ada di Rest Area setempat. 


Banyak yang kagum dan tersanjung serta mengucapkan terimakasih atas tindakannya. 


Sementara itu, Sukisno dan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Aiptu Supriyanto yang telah menemukan dan mengembalikan tasnya.


"Terimakasih banyak Pak. semoga Bapak senantiasa diberikan keberkahan, kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT saat melaksanakan tugas melayani masyarakat," pungkasnya (Heni).

Orang Baik, Polisi Kembalikan Tas Pemudik Berisi Uang Ratusan Juta Rupiah
4/ 5
Oleh