Jumat, 25 Maret 2022

PEMKAB OKU SELATAN GELAR MUSRENBANG RKPD 2023 OLEH OWNER,- 24 MARET 2022

detikberita.info

OKU Selatan. 
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten OKU Selatan untuk tahun 2023. Kegiatan yang digelar di Aula Pemkab Serasan Seandanan, Kamis (24/3/2022).


Hadir pada Musrenbang RKPD Kabupaten OKU Selatan untuk tahun 2023, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda, Para Staf Ahli, Para Asisten, Seluruh Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat, Para Kepala Desa, Instansi Vertikal yang mendapat undangan, tokoh masyarakat.

Kepala Bappeda Litbang OKU Selatan, Natalion, S.STP.,M.Si. menyampaikan laporannya bahwa sebelum rangkaian acara Musrenbang ini digelar, telah didahului dengan serangkaian acara Pra Musrenbang yang meliputi penyusunan rancangan awal RKPD, Musrenbang Tingkat Kecamatan, Penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten OKU Selatan dan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik,” ungkapnya.

Natalion menjabarkan, bahwa penyerapan usul rencana program dan kegiatan tahun 2023 melalui Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dimulai dari tanggal 1 Desember 2021 hingga 23 Maret 2022, telah menjaring usulan program dan kegiatan sebanyak 2.987 dengan rincian 265 usulan masyarakat, 282 usulan pokok pikiran DPRD, dan 2.440 usulan OPD dengan kebutuhan anggaran Rp.2.255.567.082.513,00,” jelasnya.

Kepala Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan juga menyampaikan, bahwa target kinerja utama yang harus dipenuhi oleh pemerintah kabupaten OKU selatan di tahun 2023 adalah :

Indeks Pembangunan Manusia : 67,67 Point
Indeks Gini : 0,25 Point, Pertumbuhan Ekonomi : 5 persen, Angka Kemiskinan : 8,97 persen,
Pendapatan Perkapita : Rp.33.650.000, Tingkat Pengangguran Terbuka : 2,19 persen.
Tentunya dalam pencapaian target kinerja utama pembangunan harus tetap mempedomani arah kebijakan pembangunan Provinsi Sumatera Selatan di Tahun 2023.

“Sumatera Selatan Maju untuk Semua”, serta arah kebijakan pembangunan Kabupaten OKU Selatan di Tahun 2023 yaitu ” Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pengurangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Ekonomi Kerakyatan, Kualitas Infrastruktur dan Sumber Daya,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Commerce yang disampaikan Wakil Bupati OKU Selatan Sholihien Abuasir, SP., M.Si mengajak seluruh stakeholder pembangunan, baik dari instansi pemerintah, lembaga sosial masyarakat serta toko masyarakat untuk ikut berdialog, bertukar pikiran dan pandangan. Guna untuk mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan daerah Kabupaten OKU Selatan di tahun 2023, yang mengacu pada RPJMD Kabupaten OKU Selatan Periode 2021-2026, RKP Nasional Tahun 2023 serta keselarasan prioritas pembangunan dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

“Pada momen yang sangat baik ini kembali saya mengajak seluruh lembaga dan seluruh komponen masyarakat untuk mari bersama-sama mewujudkan “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pengurangan Kemiskinan melalui Peningkatan Ekonomi Kerakyatan, Kualitas Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia”, yang akan dilaksanakan melalui perwujudan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal, daerah yang berdaya saing dan pelayanan publik yang profesional berbasis teknologi informasi dan pemyelenggaraan tata pemerintahan daerah yang baik (Good Local Governance),” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, Wabub berharap program dan kegiatan yang disusun dapat mendukung visi dan misi Kabupaten OKU Selatan dengan tetap berpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku.

“Meminta kepada seluruh Kepala Desa agar dapat mengelola Dana Desa dan Dana Kelurahan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga masyarakat luas dapat merasakan hasil pembangunan di Desa dan Kelurahan,” tuturnya.(Jafar)




Related Posts

PEMKAB OKU SELATAN GELAR MUSRENBANG RKPD 2023 OLEH OWNER,- 24 MARET 2022
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.