Senin, 22 November 2021

PORPROV SUMSEL XIII, WUJUD KOMITMEN OKU SELATAN MENDUKUNG SUMSEL SEBAGAI DESTINASI SPORT TOURISM

detikberita.info

BANDING AGUNG - 
Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XIII OKU Raya tahun 2021 resmi dimulai, Hal itu ditandai dengan pembukaan yang sangat meriah dan spektakuler oleh Gubernur Sumsel, H Herman Deru di Danau Ranau, Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan.,(Minggu-21/11/2021)

Pembukaan hajatan olahraga terbesar di tingkat Provinsi Sumsel tersebut berlangsung meriah dengan menampilkan kearifan lokal Kabupaten OKU Selatan selaku salah satu tuan rumah. Tak hanya itu, even ini juga sukses membangkitkan dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang terbukti dari hadirnya industri rumahan dan UMKM di sepanjang kegiatan.

Tak hanya itu, pada kegiatan ini, Pemkab OKU Selatan juga sengaja membuka stand-stand bazar dengan menghadirkan berbagai jenis UMKM yang ada di Kabupaten OKU Selatan yang akan buka selama hajatan Porprov Sumsel tahun 2021 ini.

"Kami dari Kabupaten OKU Selatan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan dalam pelaksanaan Porprov ini. OKU Raya dipercaya sebagai tuan rumah, dan terkhusus OKU Selatan yang menjadi tempat opening dan closing ceremony," kata Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com.

Dikatakannya, di Kabupaten OKU Selatan khususnya, selain menjadi tempat opening dan clossing ceremony juga akan digelar sembilan cabang olahraga yang berada di dua lokasi yaitu di ibukota Kabupaten (Kecamatan Muaradua) dan Kawasan Wisata Danau Ranau. Menurutnya, hal ini dilakukan salah satunya bertujuan untuk mendukung Provinsi Sumatera Selatan sebagai destinasi bertajuk Sport Tourism yang memadukan antara olahraga dan rekreasi.

Dikatakannya juga, Kabupaten OKU Selatan siap membina dan membimbing atlet sehingga Kabupaten OKU Selatan memiliki cabang olahraga unggulan, sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel untuk menghadirkan cabor unggulan di setiap Kabupaten/kota sebagai salah satu bentuk pembinaan terhadap atlet.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengapresiasi wilayah OKU Raya yang telah melakukan persiapan maksimal dalam perhelatan Porprov Sumsel XIII ini. Terkhusus Kabupaten OKU Selatan yang menjadi tuan rumah opening dan clossing, Gubernur berujar bahwa ini merupakan salah satu kegiatan terbaik dengan tempat yang baik.

"Ini pertamakali, sambutan dengan background danau terbesar kedua di Sumatera. Dan ini danau kebanggaan kita semua, tempat ini memang diidamkan. Selain memang alamnya yang indah, hal ini juga karena masyarakat Danau Ranau begitu ramah, untuk itu ini sangat dirindukan," ujarnya.

Menurutnya, Porprov ini punya arti tersendiri, bukan hanya untuk menghadapi Pekan Olahraga Wilayah atau Pekan Olahraga Nasional. Lebih penting, ini akan menjadi ajang pembinaan bagi para altet dengan menghadirkan atlet-atlet muda yang bertalenta. Sehingga para atlet ini dapat membela dan membawa nama baik Sumatera Selatan di tingkat nasional, bahkan internasional.

"Kami ingin membina atlet tanpa harus menggunakan atlet dari luar. Kita harus bangga dengan atlet kita sendiri. Sepakbola juga, kita ingin banyak pemain hebat dari Sumsel," katanya.

"Kepada KONI, kepada penyelenggara berlatih dan tunjukkan prestasi di Porprov ini. Jangan sampai ini terganggu dengan pihak yang tidak independen. Saya ingin hasil ini asli, ini juga menunjukkan solidnya kita. Apa yang sudah diperbuat selama ini, pertahankan agar kita dapat yang terbaik," katanya menambahkan.

Kepada Bupati yang menjadi tuan rumah Porprov Sumsel ini, Gubernur Herman Deru untuk senantiasa memantau jalannya kegiatan ini, sehingga hal-hal yang dirasakan kurang optimal dapat semakin dioptimalkan.

Selain membuka kegiatan Porprov Sumsel XIII, pada kesempatan itu Gubernur Herman Deru secara simbolis meresmikan 11 stadion olahraga yang tersebar di Kabupaten/kota di Sumatera Selatan tutup (Rani dps )




Related Posts

PORPROV SUMSEL XIII, WUJUD KOMITMEN OKU SELATAN MENDUKUNG SUMSEL SEBAGAI DESTINASI SPORT TOURISM
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.