Kamis, 11 Januari 2018

Kegiatan Rutin Posyandu Desa Kembang Gading Kab.Lampura

(detikberita.info)

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar, untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Secara umum Posyandu merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang dibentuk melalui musyawarah mufakat di desa dan dikelola oleh Pengelola Posyandu, dalam hal ini adalah Kader Posyandu yang di bantu oleh Bidan dan Petugas dari Puskesmas.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan Desa Kembang Gading Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara adalah kegiatan Posyandu.

Kegiatan Posyandu diselanggarakan oleh masyarakat (Kader Posyandu) yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Pembantu yang ada di Desa tersebut. Seperti yang terlihat Hari ini, Rabu (10/1/2018).

Kegiatan Posyandu yang rutin dilaksanakan Tiap satu kali dalam Sebulan ini dimulai pada pukul 08.00 Pagi.

"Secara umum, Kegiatan Posyandu ini dibagi menjadi dua kategori,Untuk Balita dan Untuk Ibu ibu, "Terang Kepala Puskesmas Pembantu Desa Kembang Gading ,Bidan Tusi Anggraini,Amd.Keb.

Dijelaskannya ,Untuk Balita, Bentuk pelayanan tersebut meliputi penimbangan balita tujuannya agar dapat memantau pertumbuhan serta perkembangan anak.

Sebab penimbangan secara rutin diposyandu dapat mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita.

Dari kegiatan penimbangan yang dicatat dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) dapat diketahui status pertumbuhan balita, KMS ini merupakan kartu yang memuat data pertumbuhan ,imunisasi dan informasi penting lainnya,sehingga kita dapat melihat keberhasilan program kesehatan dan pertumbuhan melalui grafik pada kartu KMS,"Papar Bidan Tusi.

"Selain itu,juga dilakukan pemberian imunisasi pada Balita,untuk menjaga kekebalan tubuh,agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang rentan menyerang anak anak,seperti imunisasi BCG, DPT, POLIO, HEPATITIS B, dan Juga CAMPAK,serta dilakukan pemberian Vitamin."ungkap Bidan tersebut.

Sedangkan untuk Ibu ibu Fasilitas yang disediakan adalah pemeliharaan kesehatan selama mengandung dan layanan KB serta peningkatan Gizi Ibu Hamil dengan pemberian Vitamin.

Dengan adanya posyandu ini ,Saimah,selaku Bidan Desa berharap,"Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk membantu meningkatkan kesehatan serta membantu memonitoring pertumbuhan juga perkembangan Balita maupun Ibu Hamil./14N

Kegiatan Rutin Posyandu Desa Kembang Gading Kab.Lampura
4/ 5
Oleh