Kamis, 18 Januari 2018

Kegiatan Refreshing Kader Puskesmas Kali Balangan Kec.Abung Selatan

detikberita.info
Lampung Utara - Puskesmas Kali Balangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara,melakukan kegiatan Refreshing Kader,berlangsung dihalaman Puskesmas Kabupaten setempat,kamis,18/1/2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim Fungsional Promkes Dinas Kesehatan Lampung Utara,Sri Suwarni,BSc,Erma Sari,SE.MM ,Tim Promkes Puskesmas Kalibalangan,Para Bidan dan para Kader Posyandu yang ada di 10 Desa wilayah Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan.

Dalam sambutannya,Kepala Puskesmas,Dr.Hj,Sri Haryati M,Kes menyampaikan, "Posyandu merupakan bentuk peranserta masyarakat dibidang kesehatan yang dikelola oleh kader dengan sasaran seluruh anggota masyarakat,disamping melaksanakan tugas-tugas pokok di posyandu,kegiatan kader juga difokuskan pada deteksi dini tumbuh kembang balita.

"Untuk itu kader sebagai pelaksana kegiatan di taman posyandu perlu terlebih dahulu memahami tentang petunjuk teknis taman posyandu dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan kader dalam melaksanakan deteksi dini tumbuh kembang Balita,"terang Dokter Sri.

Selanjutnya, Bidan koordinator,Anna Dwisih,Amd,Keb, melakukan penyegaran kader dengan memberitahukan tata cara mencuci tangan yang benar juga menjelaskan tentang SDIDTK dan kelas ibu Hamil serta pemberian Vitamin A untuk bayi.

Pada sesi berikutnya,tim fungsional promosi kesehatan mempraktekan prosedur pengukuran berat badan(tripod),tinggi badan,lingkar lengan atas(Lila),cara pengisian KMS serta balok SKDN dengan komunikasi dua arah.

"Dari hasil kegiatan diatas kami mengharapkan posyandu tidak hanya berfungsi sebagai sarana penimbangan bayi dan ibu hamil saja akan tetapi posyandu itu bisa berfungsi sebagai tempat layanan terpadu dari semua sektor program,"harap Erma Sari,SE.MM.

"Tidak ada materi baru tentang posyandu tujuan refreshing kader yaitu untuk mengingat kembali apa yang sudah dikerjakan di posyandu."tambah Sri Suwarni,BSc.

Sementara itu ditempat yang sama Tim Promkes Puskesmas Kalibalangan,Alfons,SE berharap,"Dengan diadakannya kegiatan ini para kader bisa lebih siap dalam menjalankan tugasnya,responsif dengan semua kejadian yang ada dilapangan serta tanggap dengan apa yang harus dilakukan selanjutnya, tidak kalah pentingnya yaitu menambah wawasan ilmu yang bermanfaat untuk para kader." Ujar Alfons,SE.

Menanggapi kegiatan tersebut salah seorang Bidan Pelaksana Puskesmas Kalibalang,Tusi Anggraini,Amd,Keb, mengungkapkan,"Kader merupakan barisan terdepan untuk memberikan informasi tentang kondisi kesehatan masyarakat disekitar lingkungannya,untuk kemudian disampaikan kepada Bidan yang ada didesa agar ditindaklanjuti ketingkat berikutnya,dengan banyaknya tugas dari seorang kader posyandu maka tidak semua orang mau dengan sukarela menerima tugas sebagai kader posyandu,karena menjadi kader posyandu setidaknya harus mempunyai niat serta kemauan yang keras dan pengetahuan yang cukup tentang kesehatan,oleh karena itu kegiatan seperti refreshing kader ini sangat bermanfaat bagi para kader posyandu."Ucap Bidan Tusi./14N

Related Posts

Kegiatan Refreshing Kader Puskesmas Kali Balangan Kec.Abung Selatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.