Selasa, 25 Juni 2024

Evaluasi Penggunaan Fixed Phone Di Lingkungan Polri, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Di Polres Lampung Tengah

DB - Lampung - Jajaran Polres Lampung Tengah, Polda Lampung menerima kunjungan kerja Tim Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka evaluasi penggunaan fixed phone di lingkungan Polri  guna mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian yang efektif dan efisien. Selasa (25/6/24) pukul 13.00 WIB


Tim Puslitbang Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K dengan didampingi Konsultan dari BRIN Drs. Ary Wahyono, M.Si beserta anggotanya tersebut diterima oleh Kabag Ren Polres Lampung Tengah, Kompol Suhardo mewakili Kapolres AKBP Andik Purnomo Sigit, S.H., S.I.K., M.M.


Dalam sambutannya, Kabag Ren mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan penelitiannya di Polres Lampung Tengah. Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan untuk seluruh personel Polres Lampung Tengah.


Kemudian, sambutan dilanjutkan oleh Ketua Tim Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K yang mengatakan bahwa di era digitalisasi saat ini, penggunaan telepon fixed phone atau telepon kabel cenderung menurun sedangkan penggunaan telepon seluler dan komunikasi data menjadi semakin dominan. 


Meskipun demikian, kata Kombes Pol Syahrial M. Said, S.I.K, dalam sektor-sektor yang mengandalkan keamanan dan ketersediaan  komunikasi yang terjamin, fixed phone tetap menjadi pilihan utama seperti misalnya di lingkungan kepolisian yang digunakan untuk panggilan internal.


Dengan latar belakang di atas dan melihat kondisi empirik tersebut, maka Puslitbang Polri memandang perlu untuk melakukan penelitian terkait evaluasi penggunaan fixed phone di lingkungan Polri dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas kepozlisian yang efektif dan efisien di 10 Polda sampel dan salah satunya adalah di Polda Lampung dan Polres jajaran mulai tanggal 24  s.d 27 Juni 2024.


“Kami harapkan, rekan-rekan dalam pengisian kuisioner nanti disampaikan dengan apa adanya dalam artian sesuai dengan apa yang rekan-rekan ketahui,” ungkapnya.


Dalam penelitian yang dilaksanakan di Aula Atmani Wedhana Polres Lampung Tengah ini, Tim Puslitbang Polri menggunakan metode kuisioner secara online, menggunakan smartphone kepada masing-masing responden dan Focus Group Discussion serta wawancara secara terstruktur kepada para personel Polres Lampung Tengah (Heni).

Evaluasi Penggunaan Fixed Phone Di Lingkungan Polri, Tim Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Di Polres Lampung Tengah
4/ 5
Oleh