Sabtu, 13 Januari 2024

Perkuat Sinergitas Antar CJS Jelang Pemilu 2024, AKBP James Sambangi Kantor Kejaksaan

Lampung - Guna memperkuat sinergitas antar criminal justice system (CJS) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Kapolres Tulang Bawang, Polda Lampung, AKBP James H Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK, dengan didampingi PJU Polres menyambangi kantor Kejaksaan Negeri Tulang Bawang, pada Jum'at (12/01/2024).


Pada lawatan perdananya ini, saat Kapolres beserta rombongan tiba disana, ternyata memang sudah ditunggu dan dinantikan oleh Kajari Tulang Bawang, Devi Freddy Muskitta, SH, MH, bersama para PJU Kejaksaan Negeri Tulang Bawang.


"Saya sebagai orang baru di Kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur sudah selayaknya untuk memperkenalkan diri dengan unsur CJS, apalagi saat ini sedang berlangsung tahapan kampanye pada Pemilu serentak tahun 2024," kata AKBP James.


Menurutnya, sinergitas yang sudah terjalin dengan sangat baik selama ini mesti di perkuat, sehingga ke depannya akan semakin mempermudah dalam berkoordinasi, terutama bila ada kasus yang menjadi atensi bersama selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024.


"Bila sudah saling mengenal dengan baik, maka tidak akan terjadi timbulnya ego sektoral di dalam CJS karena yang diutamakan adalah proses penegakan hukum secara profesional dan proporsional guna memberikan kepastian hukum yang berkeadilan," papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.


Kapolres menambahkan, Kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu merupakan tiga lembaga yang tergabung dalam penegakkan hukum terpadu (gakkumdu) untuk menangani perkara terkait adanya dugaan pelanggaran yang terjadi selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024.


"Hubungan yang terus harmonis antar CJS tentunya akan berimbas pada legitimasi dalam penegakan hukum, sehingga masyarakat nantinya akan merasa puas atas kinerja yang telah dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, segala hambatan yang terjadi akan dengan cepat bisa terurai," imbuh perwira dengan melati dua dipundaknya (*).

Perkuat Sinergitas Antar CJS Jelang Pemilu 2024, AKBP James Sambangi Kantor Kejaksaan
4/ 5
Oleh