Senin, 11 Desember 2023

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat menyerahkan sertifikasi HAKI kepada pelaku UMKM di Kota Bandar Lampung

Lampung  - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas Perdagangan Kota menggelar Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Hotel Amalia Bandar Lampung, Senin (11/12/2023). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wali Kota Eva Dwiana dan sekaligus penyerahan sertifikasi hak kekayaan intelektual atau HAKI dan Sertifikat Halal bagi para pelaku UMKM. 


Eva mengatakan, kegiatan ini sebagai peningkatan produk dan keahlian untuk para pelaku UMKM. "Semoga giat usaha ini untuk yang terbaik kota kita tercinta ini. Produk kita unggulan kita, InsyaAllah harapan kita bisa memberikan yang terbaik untuk yang hadir di Kota Bandar Lampung," kata Eva Dwiana.


Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, Wilson Faisol mengatakan giat ini sebagai instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro usaha kecil dan koperasi. "Rangka mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Dengan tujuan kegiatan sosialisasi memfasilitasi UMKM mendapatkan legalitas berupa sertifikasi hak kekayaan intelektual atau HAKI dan produk halal," ujarnya. 


Wilson menambahkan, bahwa pada sosialisasi ini terdapat 92 pelaku UMKM mendapat Sertifikasi HAKI dan 15 UMKM yang mendapatkan sertifikasi halal. "Alhamdulillah, giat ini kita fasilitasi seluruhnya dan tanpa biaya. Pesertanya sempat membludak karena kuota kita terbatas, semoga tahun depan bisa bertambah lagi kuotanya," kata Wilson. 

Selain itu, tambah Wilson, dengan adanya sosialisasi ini memberikan kesempatan bagi pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan kualitas produknya. "Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan para pelaku UMKM untuk memahami peran serta UMKM dalam menggunakan produk dalam negeri. Dan dalam rangka meningkatkan daya saing produk UMKM untuk menunjang kebijakan P3DN," jelasnya. (***)

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana saat menyerahkan sertifikasi HAKI kepada pelaku UMKM di Kota Bandar Lampung
4/ 5
Oleh