Kamis, 28 Desember 2023

Gubernur Buka Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung Tahun 2023

LampungGubernur Lampung Arinal Djunaidi menghadiri sekaligus membuka Malam Apresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung 2023 di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (27/12/2023) malam.


Arinal mengatakan momentum pemberian penghargaan ini, diharapkan sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata seluruh stakeholder Pemilu dalam mendukung terwujudnya Pemilu Tahun 2024 yang Luber dan Jurdil.


Luber sendiri yaitu Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia serta Jurdil yaitu Jujur dan Adil.


"Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung 2023 harus benar-benar mampu mewujudkan kontribusi dan komitmen, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan demokrasi bangsa melalui karya nyata," ujar Arinal.


Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal menerima apresiasi dari KPU Provinsi Lampung berupa plakat atas Partisipasi dan Kerjasamanya dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024.


Arinal mengatakan Pemerintah telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama tahapan Pemilu 2024.


"Saya percaya, kita semua yang hadir di sini sependapat, bahwa Pemilu Damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu," katanya.


Menurutnya, situasi tertib dan tentram dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024 ini menjadi salah satu indikator dalam mengukur suksesnya Pemilu.


"Untuk itu kami minta kepada aparat keamanan dan aparatur pemerintahan sampai dengan tingkat desa di 15 kabupaten/kota perlu mengawal pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mulai dari tahapan pelaksanaan hingga pemungutan suara," ujarnya.


Selain itu, tingkat partisipasi pemilih juga menjadi indikator dalam keberhasilan pelaksanaan pemilu.


Pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 jumlah partisipasi pemilih di Provinsi Lampung sebesar 81%, dimana angka ini lebih tinggi dari target dalam RPJMN 2015-2019 yang sebesar 77,5%.


"Harapan kita bersama, bahwa kesuksesan pencapaian target partisipasi pemilih dapat terulang atau lebih tinggi pada pelaksanaan pemilu Tahun 2024, dimana target tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada tahun 2024 dalam RPJMN 2020-2024 sebesar 79,5%," ujarnya.



Arinal meminta untuk dilakukannya deteksi dini dan cegah dini bila adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban.


"Yang berpotensi menggagalkan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024," katanya.


Arinal mengajak semua pihak terkait untuk sepakat menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggungjawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali.


"Mari kita saling bekerja sama, sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat telah kian cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai Bangsa Indonesia," ujarnya 


Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan acara ini merupakan bentuk apresiasi kepada seluruh stakeholder yang sudah berkontribusi dalam rangka menyukseskan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 di Provinsi Lampung.


Menurutnya, pelaksanaan tahapan Pemilu telah terlaksana sejak 14 Juni 2022.


"Kurang lebih 48 hari lagi kita menuju 14 Februari 2024. Tahapan pelaksanaan Pemilu di tahun 2023 banyak yang sudah kita laksanakan dan saya yakin ini merupakan kerja keras seluruh stakeholder di Provinsi Lampung," ujar Erwan.


Erwan menjelaskan sepanjang tahun 2023 telah banyak sekali kontribusi yang diberikan oleh seluruh pihak terkait kepada proses demokrasi di Provinsi Lampung.


"Apa yang bapak ibu sekalian baik secara kelembagaan maupun personal yang sudah memberikan kontribusi dalam pelaksanaan tahapan Pemilu, KPU dapat memberikan reward pada malam hari ini," katanya.


Erwan menuturkan Provinsi Lampung sendiri sangat strategis dalam pelaksanaan Pemilu.


Ia menyebut pemilih di Provinsi Lampung terbesar ke 2 di Pulau Sumatera dan terbesar ke 8 secara nasional.


"Jumlah pemilih kita sebanyak 6,5 Juta pemilih tersebar di 25.825 TPS," ujarnya.


Erwan mengatakan sampai dengan hari ini, situasi politik di Provinsi Lampung berjalan dengan kondisif. Ini karena komitmen bersama dalam melaksanakan proses pelaksanaan tahapan Pemilu secara aman, damai dan demokrasi.


"Kami KPU punya komitmen besar untuk melaksanakan tahapan Pemilu ini secara Luber dan Jurdil," katanya.


Pada Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung 2023 juga diberikan apresiasi diantaranya kepada Forkopimda, Instansi Pemerintah, BUMN, Swasta, Perguruan Tinggi dan Media serta adanya penyerahan berbagai nominasi (*).

Gubernur Buka Malam Apresiasi KPU Provinsi Lampung Tahun 2023
4/ 5
Oleh