Rabu, 27 Juli 2022

TIM GABUNGAN GERAK CEPAT EVAKUASI DAN BERSIHKAN MATERIAL PASCA LONGSOR

detikberita.info

MUARADUA 
Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) melalui berbagai jajarannya hingga ke tingkat kecamatan bergerak cepat untuk menanggulangi dan melakukan evakuasi pasca bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Pilla, Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten OKU Selatan, Senin (27/07/2022) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Puluhan personel gabungan diterjunkan, berikut alat berat untuk membantu warga membersihkan material longsor yang terdiri dari tanah dan pepohonan salah satunya yang menutupi badan jalan dan area permukiman warga.

Kepala BPBD OKU Selatan, Koni Ramli, S.Pd., M.M., didampingi sejumlah tim yang tengah berada di lokasi kejadian mengungkapkan, pasca kejadian tim gabungan dari BPBD, PU dan berbagai pihak lainnya seperti TNI POLRI serta masyarakat mulai melakukan evakuasi dan membersihkan puing-puing material longsor. Menurutnya, saat ini personel gabungan masih berupaya untuk melakukan evakuasi agar jalan dapat kembali dilalui oleh masyarakat.

“Saat ini tim masih melakukan evakuasi, alat berat sedang melakukan pengerukan sisa-sisa material longsor. Kami belum bisa memastikan proses evakuasi selesai karena ketinggian lonsor ini bervariasi. Tapi kami akan mengerahkan seluruh kekuatan agar ini bisa segera selesai, dan diusahakan siang atau sore ini selesai sehingga bisa kembali digunakan,” ujarnya.

Bencana tanah longsor ini diawali dengan hujan yang intensitasnya sangat deras disertai angin kencang mulai Senin sore hingga sekitar pukul 21.00 WIB. Lamanya hujan membuat tanah yang ada di pinggir jalan di Tempat Kejadian mengalami longsor dengan Panjang sekitar 300 meter dan ketebalan bervariasi yang membawa material tanah dan pepohonan sehingga akses jalan tersebut tertutupi tanah dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain menghambat lalu lintas, bencana lonsor juga berdampak terhadap beberapa rumah warga dan mengakibatkan empat orang menderita luka ringan.

Terkait bencana ini, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo, B.Com., selain menginstruksikan agar jajarannya segera mengambil tindakan untuk melakukan evakuasi dan membantu masyarakat pasca bencana juga mengimbau agar ke depan masyarakat terus waspada terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

Wilayah Kabupaten OKU Selatan sendiri terdapat banyak perbukitan sehingga saat terjadi hujan deras dalam waktu yang lama dihkawatirkan dapat membahayakan masyarakat. “Tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi. Saat terjadi sesuatu segera sampaikan informasi kepada apparat desa, kecamatan, ataupun pihak-pihak terkait lainnya sehingga dapat sesegera mungkin diambil Tindakan, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT,” ungkapnya.
(Jakpar)


Related Posts

TIM GABUNGAN GERAK CEPAT EVAKUASI DAN BERSIHKAN MATERIAL PASCA LONGSOR
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.