Selasa, 10 Juli 2018

Way Kanan ; 22I Sekkamp Ikuti Pendidikan Pelatihan Peningkatan Kompetensi

Way Kanan Lampung - Sejumlah 221 orang yang berprofesi selaku Sekretaris Kampung Se-Kabupaten Way Kanan mengikuti pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi Sekretaris Desa/Kampung yang berlangsung di Balai Kampung Pisang Baru Kabupaten setempat, senin (09/7/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Drs.Edward Antony,MM tersebut bertujuan untuk menyiapkan Sekretaris Kampung agar memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. 

Selain itu, pelatihan seperti ini juga untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan ketrampilan dan merubah sikap Sekretaris Kampung dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara kredibel dan akuntabel.

"Saya berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga kegiatan yang kita laksanakan ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi Sekretaris Kampung dalam melaksanakan tugasnya." ucap Wabup Edward Antony.

Sebagaimana kita ketahui bahwa dengan lahir-nya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, yang lebih populer disebut "undang-undang desa" tentu terjadi perubahan mendasar dalam penyelenggaraan pemerintanan desa dan juga berpengaruh pada pola hubungan antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa.
   
Setidaknya terdapat 2 (dua) azas pengaturan pemerintahan yang terkait dengan kewenangan yang diamanatkan oleh Undang-undang desa kepada desa dan pemerintah desa yang strategis, yaitu: azas pengaturan pemerintahan yang disebut dengan "azas rekognisi" yang secara sederhana dimaknai sebagai bentuk pengakuan negara terhadap pengaturan pemerintahan desa yang bersumber dari kewenangan berdasarkan hak asal–usul.  "azas rekognisi" ini berarti mengakui kewenangan desa yang sudah ada jauh sebelum Negara Republik Indonesia ada. 

Dengan demikian kewenangan yang bersumber dan telah ada di desa sejak dahulu diakui dan dihargai sebagai unsur utama penggerak pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. 

Dalam pemaknaan yang sekarang dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia juga populer dengan istilah "Desa Membangun". 

Istilah ini mengandung arti bahwa kekuatan, prakarsa, dan segenap sumberdaya desa menjadi unsur penting dan utama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat desa.14N/kominfo

Related Posts

Way Kanan ; 22I Sekkamp Ikuti Pendidikan Pelatihan Peningkatan Kompetensi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.