Minggu, 13 Mei 2018

Ribuan Jawara Kicau Berlaga Perebutkan Piala Bupati Cup II Way Kanan

(detikberita.info) Way Kanan Lampung – Ribuan orang mengikuti dan menyaksikan berbagai jenis burung dari daerah di Indonesia mengikuti kontes burung berkicau nasional memperebutkan piala Bupati Cup II Way Kanan di lapangan Kelurahan Taman Asri Kecamatan Baradatu Kabupaten setempat, minggu (13/5/2018). 
Acara dihadiri dan dibuka oleh Ketua DPRD Way Kanan, Nikman Karim,SH didampingi Kapolres Way Kanan Doni Wahyudi Beserta jajaran,Kasat Pol PP Suwandi dan Camat Baradatu Arie Antony Tamrin.

Mewakili panitia Camat Baradatu Arie Antony mengucapkan selamat datang para peserta lomba dari berbagai daerah

"Saya selaku Kepala Wilayah Kecamatan Baradatu turut senang dan bangga dengan digelarnya ajang seperti ini, itu berarti Way Kanan memiliki wisata perburungan yang dapat menarik pendatang dari berbagai daerah," ucapnya.

Arie Antony juga berharap kedepannya bisa dibangun tugu burung dilapangan taman asri, sebagai  ikon pecinta perburungan yang ada di Way Kanan, junjung tinggi sportifitas tetap jaga jalinan silahturahmi,kalian semua asyikk,"tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Way Kanan Nikman Karim dalam sambutannya mengatakan, 

"festival seperti ini menjadi ajang silahturahmi untuk mempererat hubungan kawan,menambah wawasan pergaulan selain itu bisa meningkat kesadaran dalam memelihara hewan terutama jenis burung kicau," tuturnya.

Nikman Karim juga menyampaikan bahwasanya Bupati Way Kanan Hi.Raden Adipati Surya,SH,MH belum dapat menghadiri pembukaan,dikarenakan masih ada kepentingan diluar daerah.

Selanjutnya,dilakukan prosesi sumpah juri untuk bekerja dengan jujur dan profesional dalam pengambilan nilai.

Doa yang dipimpin ustad Sofyan,berikut diadakan ritual gantang burung pertama yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD Way Kanan,Kapolres Way Kanan dan Camat Baradatu sebagai tanda dimulainya perlombaan.

Pada lomba perdana kelas DPRD A jenis burung kacer memenangkan juara 1 peserta dari Bengkulu langsung mendapatkan tropi yang diserahkan oleh Ketua DPRD Way Kanan, juara 2 dari Bandar Lampung tropi diserahkan oleh Kapolres Way Kanan dan juara 3 peserta dari Kotabumi,tropi diberikan oleh Camat Baradatu.

Dan pada perlombaan kedua kelas kapak tembak hanya ada satu pemenang tropi juara diserahkan oleh Kasat Pol PP Way Kanan,Suwandi.

Ada 28 kelas yang dipertandingkan dalam lomba tersebut, terbagi dalam 6 kategori, yaitu piala Bupati, tiga kelas, meliputi murai batu, kacer,love bird bebas, harga tiket Rp.150.000,-  DPRD A 5 kelas, DPRD B 3 kelas,harga tiket Rp.80.000,- Wakil Bupati 3 kelas, harga tiket Rp.120.000,- Sekda 5 kelas harga tiket Rp.100.000,- dan Kopi Putri Malu 9 kelas dengan tiket Rp.50.000,-

Waktu untuk perlombaan selama 10 menit, penilaian oleh para juri profesional Ronggolawe Nusantara Devisi Lampung. Burung dengan nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

Masing-masing kelas diambil juara 1- 10, para juara selain mendapatkan piala dan piagam juga uang pembinaan plus bonus tambahan jika peserta melebihi kuota yang ditentukan panitia.

Khusus untuk kategori piala bupati, BC atau SF yang paling banyak mendapatkan juara, akan menerima Piala Bupati Cup II Way Kanan.

Ketua pelaksana Ulya Firnanda,SH mengatakan lomba ini merupakan agenda rutin setiap tahun dan sekarang pelaksanaan yang kedua kalinya.

Lomba sendiri, selain sebagai upaya untuk melestarikan burung, khususnya burung yang tidak dilindungi, sekaligus untuk mengenalkan dan mendukung wisata Way Kanan serta menghidupkan perekonomian warga, terutama para pedagang kecil, yaitu dengan menggelar dagangannya di tempat lomba.

"Yang mengikuti lomba ini tidak hanya dari lokal, namun dari berbagai daerah di Indonesia," papar Ketua Ronggolawe Nusantara Dpc Way Kanan itu.

Hal Ini menunjukkan bahwa perkembangan penangkaran burung di tiap-tiap daerah cukup bagus.

Menurut informasi dari koordinator tiket, Aje Dara Palamarta, jumlah peserta yang mengikuti lomba cukup banyak, indikasinya hampir semua kelas yang dilombakan kuotanya terisi semua.

Lebih dalam, Iful kios burung menambahkan, selain menjadi ajang silahturahmi, kontes seperti ini bertujuan untuk menumbuhkan minat masyarakat terhadap pelestarian hewan jenis burung kicau yang semakin langka, sekaligus untuk pembuktian sejauh mana para kicau mania mampu memaksimalkan gacoan (burung lomba) menjadi burung yang berkarakter dan memiliki konsistensi tampil.

Acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan komunitas penghobi burung berkicau Ronggolawe Nusantara Dpc Kabupaten Way Kanan.

Dalam rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Way Kanan ke-19 tahun 2018

Untuk itu, tak lupa para kicau mania Way Kanan mengucapkan Selamat HUT ke-19 Kabupaten Way Kanan ,semoga terwujud Way Kanan maju dan berdaya saing 2021.14N

Related Posts

Ribuan Jawara Kicau Berlaga Perebutkan Piala Bupati Cup II Way Kanan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.