Senin, 28 Mei 2018

Pemkab Way Kanan Optimis Kembangkan Produk Kopi Robusta

Way Kanan Lampung (detikberita.info) Wakil Bupati, Drs.DR.Hi.Edward Antony, MM memimpin Rapat Koordinasi Tim Efektif Pengembangan Kopi Robusta Kabupaten Way Kanan yang dhadiri oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir.Kussarwono,M.T, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs.Rudi Joko Kurnianto,S.H., Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Drs.Akhmad Basyar,AH.,M.M., Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtiultura dan Peternakan, Ir.Maulana M,M.AP., Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Imanto, S.H.,M.M, Kepala Dinas Perkebunan, Ir.Bani Aras,M.AP., Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sumanto,S.PKP., Kepala Bagian Administrasi Perekonomian, Andika Saputra,S.E.,M.M, senin (28/5/2018) berlangsung dirumah dinas Wakil Bupati setempat. 


Dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Edward Antony mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten sangat mendukung program-program yang berkaitan dengan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu program kinerja harus dapat direncanakan dan dilaksanakan dengan baik agar hasilnya baik.

  

"Tim Efektif dibentuk agar dapat lebih fokus dalam pelaksanaannya, dan yang ditunjuk dalam tim efektif harus benar-benar memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi agar dapat berjalan dengan baik. Dalam bidang-bidang tim juga ditempatkan satu sekretaris sebagai fokus dalam bidang tersebut", ujar Edward Antony.


Dilanjutkannya, pengembangan kopi robusta akan dilakukan melalui promosi produk dengan nama Kopi Robusta Way Kanan menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri dengan jadwal akan diberitahukan setelah dilakukan perubahan struktur Tim Efektif dan jadwal promosi.

 

Diketahui, Kopi Robusta Lampung merupakan salah satu dari 16 kopi terbaik di Indonesia (Indonesian Speciality Coffee) dimana tiga daerah penghasil utama Kopi Robusta Lampung adalah Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Way Kanan yang telah didaftarkan melalui sertifikat Indikasi Geografis dengan nama Kopi Robusta Lampung dengan nomor ID G 000 000 026.


Namun saat ini produktifitas tanaman kopi sangat rendah hanya mencapai 0,4 ton/Ha.

 

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan membentuk tiga tim efektif pengembangan kopi robusta yaitu tim budidaya kopi, tim pengolahan kopi dan tim penunjang pengembangan kopi


Pada tim budidaya kopi akan melakukan pembenahan proses budidaya tanaman kopi dengan rencana aksi melakukan pendataan potensi lahan dan kelompok budidaya kopi, baik yang berada di kawasan hutan maupun diluar kawasan.


Revitalisasi tanaman kopi dengan metode sambung pucuk, kemudian melakukan sosialisasi ketentuan-ketentuan dalam sertifikasi indikasi geografis Kopi Robusta Lampung dengan nomor sertifikat dan melakukan sosialisasi dan penerapan teknologi konservasi tanah.

 

Selanjutnya Kabupaten Way Kanan memiliki target capaian untuk Tahun 2018 yaitu tersajinya data potensi lahan dan kelompok tani budidaya kopi, pemetaan permasalahan budidaya kopi dan penetapan kelompok tani/gapoktan kopi binaan melalui Surat Keputusan Bupati.


Pada tim pengolahan kopi akan melakukan rencana aksi pendataan pola pasca panen kopi, sosialisasi atau penyuluhan dan pendampingan panen kopi petik merah dan sortasi. Juga melakukan sosialisasi atau penyuluhan dan pendampingan penggunaan lantai jemur kopi dengan para-para, pengolahan pasca panen kopi cara basah dan cara kering serta pendampingan standart mutu biji kopi sesuai dengan yang telah dikeluarkan oleh Badan Standarisasi Nasional yaitu SNI No.01-2907-2008.

 

Dengan target capaian pada tahun 2018 yaitu tersajinya data pola pasca panen kopi di Way Kanan, pemetaan permasalahan pascra panen kopi, 10% kelompok kopi telah menghasilkan biji kopi kualitas baik, 10% kelompok tani kopi telah menggunakan lantai jemur para-para, 10% kelompok tani kopi telah menggunakan pengolahan pasca panen kopi cara basah dan kering serta 10% kelompok tani kopi telah menggunakan standarisasi mutu biji kopi sesuai dengan SNI.(kominfo)


Related Posts

Pemkab Way Kanan Optimis Kembangkan Produk Kopi Robusta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.