Rabu, 09 Mei 2018

Bupati Way Kanan Resmikan Kampung Ternak Dan Hadiri Panen Pedet UPSUS SIWAB

(detikberita.info) Way Kanan Lampung -Bupati Way Kanan Hi.Raden Adipati Surya,SH,MH menghadiri sekaligus meresmikan Panen Pedet Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) dan Pengukuhan Kampung Ternak Kabupaten Way Kanan,rabu 9/5/2018,berlangsung di Kampung Setia Negara Kecamatan Baradatu.

Pembangunan peternakan merupakan bagian dari pembangunan nasional yang sangat strategis, karena tujuan pembangunan peternakan adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing. 

Selain itu juga, bertujuan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak, pelesatarian lingkungan hidup serta peningkatan pendapatan daerah. 

Peran strategis peternakan juga berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan dan pemenuhan kecukupan pangan yang bermutu dan terjangkau serta terpenuhinya pelayanan kesehatan yang bermutu. 

Pembangunan peternakan tidak terlepas dari berbagai masalah dan tantangan. Perkembangan ekonomi global merupakan salah satu tantangan dan sekaligus peluang bagi sub sektor peternakan.

Untuk itu harus ada gerakan yang mampu meningkatkan produktifitas peternakan di daerah. 

Kedepan Usaha-usaha kemandirian di sub sektor peternakan harus semakin produktif dan diharapkan mampu mengatasi dan menjawab berbagai masalah ekonomi.

Sebagai salah satu Lumbung Ternak di Provinsi Lampung, Kabupaten Way Kanan mempunyai peluang untuk mengisi pangsa pasar kebutuhan ternak dalam dan luar daerah terutama ternak sapi potong.

Upaya ini merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan swasta. 

Pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan terhadap ketersediaan produk peternakan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, bergizi, beragam dan merata. 

Sedang swasta dan masyarakat memiliki kesempatan untuk berperan seluas-luasnya dalam mewujudkan kecukupan produk peternakan, dapat berupa melaksanakan produksi, perdagangan dan distribusi produk ternak.
Penyelenggaraan "Panen Pedet Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) dan Pengukuhan Kampung Ternak Kabupaten Way Kanan" ini mempunyai moment yang sangat strategis. 

Mengingat sejak Tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 ini, Kabupaten Way Kanan adalah menjadi salah satu daerah andalan dalam menyukseskan program Upsus Siwab di Provinsi Lampung.

Program ini sangat memberi manfaat bagi peningkatan kualitas dan kuantitas populasi sapi potong yang ada di Kabupaten Way Kanan.

"Saya mengapresiasi kerja Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan beserta petugas teknis, medis/para medis peternakan dan para penyuluh lapangan yang telah bekerja keras dalam mensukseskan Program ini." ucap Bupati Raden Adipati Surya.

"Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada BBPMSOH Bogor, BPTU-HPT Sumbawa Sumatera Selatan dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung yang telah melakukan pendampingan." tambahnya.

Pembangunan  peternakan di Kabupaten Way Kanan pada dasarnya diarahkan untuk meningkatkan populasi maupun produksi ternak dan hasil ikutannya, yang pada saatnya nanti diharapkan dapat mendongkrak pendapatan petani ternak, mendorong diversifikasi pangan dan perbaikan mutu gizi masyarakat serta mengembangkan pasar terutama untuk mencapai kedaulatan pangan. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan kawasan peternakan terpadu (Kampung Ternak) untuk menjamin keberlanjutan kegiatan pra-produksi, proses produksi, pasca produksi dalam sistem agribisnis peternakan. 

Termasuk terhimpunnya SDM peternakan yang terampil dalam suatu kawasan yang akan mempermudah dalam pembinaan dan peningkatan keterampilannya.

Strategi pembentukan Kampung Ternak ini diarahkan pada suatu kawasan khusus maupun terintegrasi dengan komoditi lainnya serta terkonsentrasi di suatu wilayah, dan Strategi pembentukan Kampung Ternak sangat penting perannya dalam efisiensi dan efektivitas pelayanan teknis dan ekonomis.

Pelayanan teknis seperti IB, Keswan, pakan, bibit dan pelayanan ekonomis seperti pasar, perkreditan dan permodalan. 

Di Kampung Ternak memungkinkan pemasaran hasil ternak lebih ekonomis dalam pelayanan pasar karena dimungkinkan terjadinya pemasaran hasil bersama.

Kampung Ternak ini juga diarahkan kepada peningkatan investasi yang menarik bagi semua pihak karena sudah tersedia ternak dan pelayanan (pelayanan  bersifat teknis dan ekonomis).

Juga menjadi pusat pertumbuhan komoditas peternakan yang mengarah kepada keunggulan komparatif suatu wilayah (one village one product).

Pembangunan  peternakan melalui Kampung Ternak diharapkan menjadi salah satu model pengembangan peternakan di Kabupaten Way Kanan, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas ternak sekaligus pendapatan dan kesejahteraan petani-peternak, serta memberi dampak positif pada pengembangan sektor lain.

Pemerintah Kabupaten Way Kanan mempunyai komitmen untuk menjadikan Kabupaten Way Kanan sebagai salah satu daerah pengembangan agribisnis peternakan di Provinsi Lampung.

Agribisnis peternakan di Bumi Ramik Ragom ini dapat dikembangkan secara berkelanjutan, karena mempunyai beberapa keunggulan antara lain: 
1. Skala usaha dapat disesuaikan dengan kemampuan petani-peternak.
2. Kegiatan agribisnis peternakan sederhana dan dapat dikelola petani-peternak.
3. Tidak memerlukan teknologi yang terlalu tinggi.
4. Tidak membutuhkan lahan yang luas.
5. Ketersediaan pakan yang cukup berlimpah.
6. Dapat ditangani oleh tenaga kerja keluarga,
7. Mempunyai dampak ekonomi yang nyata dan cukup tinggi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.14N (kominfo)

Related Posts

Bupati Way Kanan Resmikan Kampung Ternak Dan Hadiri Panen Pedet UPSUS SIWAB
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.