Rabu, 04 April 2018

Pengamat Politik Machiavelli (AU); Pilkada Lampura, Politik Santun Mesti Dikedepankan

Lampura (detikberita.info)
Terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah Bupati san Wakil Bupati Kabupaten Lampung Utara yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang.

Salah satu tokoh pengamat politik Machiavelli yang berinisial AU, ketika bertemu di lobi hotel Novotel Bandar Lampung kepada awak media detikberifa.info memaparkan penilaiannya terhadap pilkada yang sedang memanas di Kabupaten Lampung Utara.

menurutnya, "kalo masing-masing tim sukses kandidat balon bupati tidak mampu menahan diri maka dipastikan pilkada di Lampung Utara akan kacau bahkan bisa menimbulkan pertumpahan darah." ucap AU.

"Indikasi tersebut dapat diliat dari fenomena yang terjadi saat ini, dimana para tim sukses para kandidat membuat berbagai macam statmen-statmen dilapangan terutama yang ada di media sosial, dengan bernada ancaman antar tim sukses kandidat." lanjutnya.

"Contoh salah satu timses mengatakan bahwa "kamu menjilat pa***t (salah satu kandidat) , " kamu jongos (salah satu kandidat) tertentu dan seterusnya, yang  pernyataan ini disahut oleh kandidat balon lain dengan nada ancaman, semisal menyebut banci dan sebagainya.

"Padahal kalo kita memahami pilkada demokrasi orientasinya menjual program2 bukan menebar statmen-statmen yang bernada ancaman atau statmen yng membatasi hak-hak politik seseorang dalam menentukan pilhannya." tandas salah satu pengamat politik yang pernah meneliti tentang "perebutan kekuasaan, cara melaksanakan kekuasaan dan cara mempertahankan kekuasaan" tersebut.

Ditambahkannya, dalam berdemokrasi siapapun berhak menentukan pilihan dan tidak bisa dilarang ataupun dibatasi oleh pilihan orang lain.

"Dalam menyikapi situasi ini, antar kandidat masing-masing balonbup mestinya memberikan pemahaman politk santun, bukan hanya kepada timses tetapi juga terhadap audien tempat dimana mereka berkampanye, dalam menjual program-program yang mereka tawarkan sebagai balonbup.

"Yang jelas landasan etika berpolitik harus tetap diutamakan, sehingga menumbuhkan situasi sejuk,nyaman,santun dan menjadi contoh bagi pilkada-pilkada didaerah lainnya," pungkasnya.(14N)

Related Posts

Pengamat Politik Machiavelli (AU); Pilkada Lampura, Politik Santun Mesti Dikedepankan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.