Kamis, 29 Maret 2018

Plt Bupati Lampura Gelar Musrenbang RKPD 2019

Lampura (detikberita.info)

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara, diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Ekonomi, Kesejahteraan dan Pembangunan, H. Syahrizal Adhar, SH.,M.M., membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Rencana  Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 Kabupaten Lampung Utara.

Dengan tema "Pemantapan Perekonomian Daerah dan Kemandirian Desa untuk Terciptanya Masyarakat yang Aman, Maju, Sejahtera, Agamis dan Bermartabat, rabu 29/3/2018, berlangsung di ruang tapis sekretariat Kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Pjs.Gubernur Lampung, diwakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Ir. Desi Desmaniar Romas, M.M., Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Para Peserta Musrenbang.

Dalam sambutannya, Pjs. Gubernur Lampung, diwakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Ir. Desi Desmaniar Romas, M.M., menjelaskan agenda pokok, yaitu pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan pembangunan antar jenjang Pemerintahan.

Berkenaan dengan tantangan dan isu strategis pembangunan Provinsi Lampung, terkait dengan sinergi kebijakan pembangunan Nasional dan Provinsi Lampung Tahun 2019 serta langkah strategi dan program atau kegiatan pembangunan yang perlu dilanjutkan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dalam perspektif Pembangunan Provinsi Lampung.

Selain itu, terdapat beberapa program strategis Daerah yang perlu disukseskan bersama, antara lain Bidang Sosial Budaya dan Pembangunan Manusia, Bidang perekonomian dan sektor unggulan, dan Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Kawasan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas sinergitas semangat Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Ditempat yang sama, Kepala BAPPEDA Kabupaten Lampung Utara, diwakili Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Lampung Utara, Drs. Budi Tamin melaporkan peserta Musrenbang terdiri dari OPD, Delegasi Kecamatan, Pimpinan Perguruan Tinggi, Perwakilan Orsospol, Ormas, Organisasi dan LSM se-Kabupaten lampung Utara. 

Dalam kesempatan itu, Sekretaris BAPPEDA juga menjelaskan proses perencanaan telah dilalui mulai dari Musrenbang RKPD Desa/Kelurahan, Kecamatan, Forum Konsultasi Publik, Forum Gabungan OPD dan telah dibahas secara mendetail dalam bentuk pemaparan dan diskusi antara OPD terkait dan Kecamatan dengan tujuan untuk mensinergikan program-program pembangunan disetiap OPD dan program-program prioritas hasil Musrenbang Kecamatan yang merupakan aspirasi masyarakat demi tercapainya keserasian dan sinergitas.

Program-program pembangunan daerah khususnya konsistensi dalam menanggulangi kemiskinan dan kemandirian desa agar terciptanya masyarakat yang aman, maju, sejahtera, agamis dan bermartabat.

Selanjutnya, Budi Tamin juga memaparkan rumusan hasil Musrenbang  RKPD akan menjadi pedoman dan acuan Rencana Kerja Prioritas OPD Tahun 2019 dan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2019 yang akan menjadi pedoman dan acuan dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Lampung Utara.

"Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang ikut berperan aktif dalam persiapan Msurenbang, semoga dapat memberi manfaat dan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara. " Kata Budi Tamin.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Ekonomi, Kesejahteraan dan Pembangunan, H. Syahrizal Adhar, SH.,M.M., mengatakan Musrenbang merupakan forum musyawarah tertinggi bagi penyusunan Rencana Pembangunan Kabupaten Lampung Utara pada Tahun 2018 yang mana telah dilakukan pembahasan yang mendetail melalui Forgab SKPD dan pra Musrenbang yang bertujuan untuk mensinergikan berbagai usulan perencanaan pembangunan yang terpadu dan menyeluruh.

Dikatakannya, perencanaan yang baik harus disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif terhadap perubahan. Forum Musrenbang RKPD Kabupaten Lampung Utara diselenggarakan dalam rangka menyusun Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat tentang Rancangan Kerangka Ekonomi Daerah, Prioritas Pembangunan rencana kerja maupun rencana pembiayaannya.

Plt Asisten II mengharapkan semua pihak dapat memanfaatkan Forum Musrenbang RKPD ini secara optimal.

"Untuk menghasilkan rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan yang ada demi kesejahteraan masyarakat Lampung Utara." Pungkas Plt Asisten II.(kominfo)

Related Posts

Plt Bupati Lampura Gelar Musrenbang RKPD 2019
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.