Kamis, 22 Maret 2018

Bupati Way Kanan Lantik Pejabat Struktural,Kepsek Dan Pejabat Auditor

Way Kanan Lampung (detikberita.info)
Bupati Hi.Raden Adipati Surya,SH,MM melantik Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Kepala Sekolah juga Pejabat Fungsional Auditor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, kamis, 22 Maret 2018.

Mutasi atau alih tugas jabatan bagi Pegawai Negeri Sipil merupakan peristiwa yang biasa dan wajar serta memang harus terjadi sesuai dengan kepentingan organisasi birokrasi.

Hal itu bertujuan untuk menumbuhkan suasana baru bagi pejabat yang bersangkutan dalam upaya meningkatkan prestasi kerja dan memenuhi tuntutan bagi kelancaran maupun suksesnya pelaksanaan tugas serta tanggung jawab yang dibebankan pada instansi di mana pejabat yang bersangkutan bertugas.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Bupati Way Kanan mengintruksikan agar secepatnya menjabarkan tugas pokok dan fungsi jabatannya masing-masing.

"Pahami tata kerja dan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan lembaga yang dipimpin, juga yang sangat penting adalah pahami apa yang menjadi batasan wewenang dan peran masing-masing.

"Sehingga terhindar dari kesalahan prosedur yang dapat merugikan nama baik pribadi ataupun juga Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan." ucap Bupati muda itu.

"Seusai pelaksanaan pelantikan ini, agar secepatnya saudara-saudara berkoordinasi, mulai administrasi pertanggung-jawaban kegiatan hingga mempersiapkan serah terima segala fasilitas dinas, dan melakukan pertemuan dengan staf saudara di unit kerja masing-masing." tambah Adipati.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan pelantikan pejabat fungsional Kepala Sekolah dan Pejabat Fungsional Auditor.

Khusus kepada Kepala Sekolah Bupati menekankan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mengamanatkan bahwa fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

"Dengan demikian jabatan kepala sekolah bukanlah sebuah tujuan utama yang harus dicapai oleh seorang guru. 

Namun kepala sekolah merupakan guru yang mendapat tugas  tambahan sebagai kepala sekolah,  jadikanlah tugas yang baru ini menjadi sebuah amanah, agar dalam melaksanakan tugas sehari-hari dapat dilakukan  dengan ikhlas dan tanggungjawab, sehingga akan diperoleh hasil pendidikan yang bermutu." tandas Raden Adipati Surya.

Dipaparkannya, peraturan menteri pendidikan nasional nomor 28 tahun 2010 tentang kepala sekolah, disebutkan bahwa jabatan kepala sekolah tidak akan selamanya. 

Namun jabatan ini diberlakukan  4 (empat) tahunan sesuai dengan kompetensi yang saudara miliki. 

"Apabila dalam 4 (empat)  tahun pertama saudara memiliki etos kerja yang baik mampu dan berprestasi maka saudara mendapat jabatan Kepala Sekolah 4 (empat) tahun lagi untuk periode kedua.

Bila  masa jabatan habis, maka saudara harus siap  kembali untuk menjadi guru, tetapi bagi kepala sekolah yang memiliki prestasi istimewa seperti yang diamanatkan dalam Permendiknas Nomor 28 tahun 2010, maka setelah 4 (empat) tahun kedua dapat diangkat kembali dan ditugaskan pada lembaga yang akreditasnya lebih rendah dari lembaga yang dipimpin sebelumnya."tegas Bupati kelahiran 15 September 1978 itu.

Selanjutnya Adipati menerangkan, Pejabat fungsional Auditor adalah PNS yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian atau keterampilan dibidang pengawasan dam bersifat mandiri memiliki kewenangan untuk melaksanakan audit terhadap SKPD. 

Dengan demikian, guna menjaga komitmen dalam pelaksanaan tugas, perlu untuk diambil sumpah dan dilantik oleh pejabat yang berwenang.

Untuk itu Bupati Adipati berharap agar pejabat fungsional auditor yang baru dilantik dan diambil sumpah ini dapat meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi tauladan, baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat, semua itu jelas tercermin dalam setiap pelaksanaan tugas kerja sehari-hari dengan mengembangkan disiplin, profesionalisme dan prestasi kerja.14N/kominfo

Related Posts

Bupati Way Kanan Lantik Pejabat Struktural,Kepsek Dan Pejabat Auditor
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.