Senin, 05 Maret 2018

Bupati Adipati Dan Wabup Edward Gelar Musrenbang Di 4 Kecamatan

Way Kanan Lampung (detikberita.info
Musrenbangcam Kecamatan Buay Bahuga Dan Way Tuba dihadiri Bupati Hi.Raden Adipati Surya,SH,MM
Sementara Kecamatan Bahuga dan Bumi Agung dihadiri oleh Wakil Bupati Drs,Edward Antony,MM,senin 5/3/2018.

Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar penduduk Way Kanan 74% bekerja disektor pertanian dengan kontribusi terhadap PDRB 37,19%. Artinya perekonomian Kabupaten Way Kanan masih sangat bergantung pada sektor pertanian. 

Disisi lain  angka kemiskinan di Kabupaten Way Kanan masih cukup tinggi 14,56%, dan mayoritas petani.

Kemiskinan tersebut disebabkan karena Petani masih bertumpu pada pertanian tradisional yang menghasilkan bahan mentah (hulu) dengan produktifitas yang rendah. 

Pertanian rakyat juga masih mengandalkan komoditas eksport seperti kopi, karet, sawit, lada, singkong yang sangat rentan terhadap fluktuasi harga yang sangat berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat.

Oleh karena itu semasa dua tahun kepemimpinan Hi. Raden Adipati Surya, SH, MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony terfokus pada pembenahan penyelenggaraan pemerintahan, meningkatkan pelayanan masyarakat,  dan pembangunan infrastruktur.

"Dengan tiga pilar tersebut kita berupaya memberikan landasan yang kuat dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan."Tandas Bupati Raden Adipati Surya.

Selanjutnya Adipati mengatakan, menginjak tahun ketiga mulai fokus pada  pemberdayaan ekonomi rakyat.

"Kedepan perlu upaya pengembangan komoditas unggulan berbasis wilayah, dengan mendorong peningkatan nilai tambah melalui pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi dan sinergitas pembinaan hulu hilir."ungkap Bupati Bumi Ramik Ragom itu.

Diterangkannya, berdasarkan potensi wilayah, Kecamatan  Bahuga diarahkan untuk pengembangan unggulan Padi Sawah dan Pembesaran Ikan. 

Untuk pengembangan komoditas unggulan ini perlu upaya sinergi antara pemerintah kampung, dinas instansi terkait untuk mengembangkan produk tersebut dari hulu kehilir.

Produk komoditas yang dihasilkan diharapkan tidak lagi hanya dalam bentuk bahan mentah, tetapi sudah dalam bentuk olahan, misalnya padi sawah diolah menjadi beras, pembesaran ikan diarahkan agar dapat diolah dan didorong peningkatan produksinya, sehingga semakin besar pendapatan yang diterima masyarakat Way Kanan.

Selain itu kampung yang memiliki potensi komoditas lain dapat mengembangkan produk unggulan masing masing dengan fokus satu kampung satu produk dengan  kerjasama dan bimbingan teknis dari dinas terkait.14N/kominfo

Related Posts

Bupati Adipati Dan Wabup Edward Gelar Musrenbang Di 4 Kecamatan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.