Rabu, 07 Maret 2018

Berikan Solusi Bagi Pengusaha Kecil, Bupati Way Kanan Bagikan Sertifikat UMKM Di Kecamatan Baradatu

Way Kanan Lampung ( detikberita.info) Berbagai langkah telah dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan untuk memajukan koperasi dan UMKM, salah satunya yakni membantu UMKM dalam mengakses pembiayaan.

Upaya tersebut antara lain program pemberdayaan usaha mikro dan kecil melalui kegiatan Sertifikasi Hak Atas Tanah (SHAT) dan subyek kegiatan adalah UMK/Koperasi serta merupakan calon dan/debitur perbankan/Koperasi yang memenuhi kriteria kelayakan.

Obyek adalah tanah tidak dalam sengketa, luas tanah (tanah pertanian maksimal 2 hektar dan tanah non-pertanian maksimal 2000 M/persegi, bukan tanah warisan yang belum dibagi, tanah sudah dikuasai secara fisik oleh pelaku UMK, lokasi tanah berada dalam Kabupaten dan mempunyai alas hak. 

Kegiatan pemberian sertifikat atas tanah untuk Usaha Mikro dan Kecil ini diadakan setiap tahun, namun lokasinya yang berpindah, disesuaikan dengan penetapan lokasi Usaha Mikro dan Kecil yang ada.

Di Kabupaten Way Kanan SHAT sudah dimulai sejak tahun 2016 sebanyak 150 sertifikat terselesaikan, tahun 2017 sebanyak 300 sertifikat, tahun 2018 sebanyak 200 sertifikat,dan pada tahun 2019 yang akan datang sebanyak 350 sertifikat, dengan total keseluruhan pada tahun 2019 nantinya sebanyak 1.000 sertifikat.

Pada acara Penyerahan Sertifikat Bagi UMKM di Kampung Campur Asri dan Kampung Taman Sari Kecamatan Baradatu,Bupati Way Kanan Hi.Raden Adipati Surya,SH,MM memaparkan, tujuannya pemberian sertifikat adalah memberikan solusi bagi Usaha Mikro dan Kecil guna meningkatkan akses permodalan berupa peningkatan kemampuan jaminan kredit sebagai agunan pinjaman KUR pada bank pelaksana, sehingga Usaha Mikro dan Kecil dapat meningkatkan usahanya, terhindar dari rentenir dan menyerap tenaga kerja yang akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat."ungkap Adipati.

Selain itu,kepemilikan sertifikat tanah juga akan mencegah timbulnya konflik  dan memberikan kemudahan apabila melakukan peralihan hak."tambah Bupati yang seusai acara ini akan melakukan turlap ke Kecamatan Gunung Labuhan itu.

Pemberian sertifikat ini selain untuk membantu pengembangan UMKM yang ada di Kabupaten Way Kanan juga upaya meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus melayani masyarakat dalam mendaftarkan tanahnya.14N/kominfowk

Related Posts

Berikan Solusi Bagi Pengusaha Kecil, Bupati Way Kanan Bagikan Sertifikat UMKM Di Kecamatan Baradatu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.