Senin, 19 Februari 2018

Pemkab Way Kanan Gelar Upacara Gabungan ASN TNI POLRI

Way Kanan Lampung-detikberita.info-Upacara Bulanan merupakan upacara gabungan antara ASN, TNI dan Polri yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 17,  Jika tanggal 17 bertepatan dengan hari libur atau berdekatan dengan peringatan hari besar tertentu maka jadwalnya akan disesuaikan atau dirangkai dengan peringatan hari besar tersebut.

Momen Upacara Bulanan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas aparatur pemerintahan sehingga Good Government dan Clean Government dapat terwujud di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan,senin,19/2/2018.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Edward Antony memaparkan, "Upacara yang kita selenggarakan setiap bulan ini janganlah dianggap sebagai formalitas karena memiliki nilai yang sangat luhur dalam membangkitkan semangat dan mengingatkan kita sebagai abdi masyarakat yang mempunyai fungsi utama memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat." ucap Edward.

Dilanjutkannya,untuk mewujudkan fungsi pelayanan tersebut maka setiap aparatur pemerintah harus dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap Peraturan-perturan yang ada. Adanya penyimpangan dalam praktek pelayanan masyarakat tidak hanya disebabkan oleh faktor kesengajaan namun sering terjadi karena adanya salah prosedur administrasi dan bedanya pemahaman terhadap sebuah peraturan.

Oleh karena itu saya menghimbau kepada setiap aparatur pemerintah agar dapat meningkatkan pemahaman terhadap sebuah peraturan, melalui berbagai sosialisasi, bimtek, dan pelatihan-pelatihan, dengan demikian kesalahan–kesalahan pemahaman tersebut dapat diminimalisir sehingga pelayanan kepada masyarakat pun bisa diberikan secara maksimal.

Paradigma pemerintahan saat ini menempatkan birokrasi sebagai abdi masyarakat dan abdi Negara. Dengan demikian posisi aparatur pemerintah akan menjadi pelayanan dan fasilitator terutama dalam upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia diantaranya untuk melindungi, mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.
Dalam tatanan praktis hal tersebut menuntut kejelian dari seluruh aparatur pemerintah untuk senantiasa responsif terhadap harapan-harapan yang berkembang di masyarakat, sehingga hasil-hasil pembangunan akan memberi dampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat.  

Untuk itu perumusan dan perencanaan pembangunan mulai dari tingkat Kampung sampai tingkat Kabupaten harus mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat tanpa kehilangan sinergitas dengan program-program yang menjadi prioritas dan unggulan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

Dalam melayani masyarakat fenomena yang berkembang saat ini pada umumnya adalah tuntutan masyarakat terhadap sikap dan perilaku aparatur pemerintah yang ramah, santun dan bersifat mengayomi jauh dari sikap arogan dan ingin menang sendiri. Karena dengan sikap demikian akan mendekatkan hubungan emosional antara masyarakat dengan aparatur pemerintah yang pada akhirnya akan meningkatkan kesatuan dan persatuan diantara kita.

Untuk itu setiap SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan mulai dari tahap perencanaan agar melakukan kajian secara mendalam baik administratif maupun normatif dengan memperhatikan berbagai peraturan dan per-undang-undangan yang berlaku supaya tidak tersandung masalah. Karena melaksanakan tugas kedinasan dengan baik sesuai aturan dan per-undang-undangan yang berlaku merupakan salah satu upaya mencapai kebenaran melalui ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas harus dilandasi niat yang tulus untuk melakukan perubahan terhadap kehidupan masyarakat ke jenjang yang lebih baik sebagai salah satu bentuk pengabdian praktis aparatur pemerintah terhadap bangsa dan Negara. Berbagai kelemahan dalam pelaksanaan kegiatan tahun 2017 lalu dapat dijadikan umpan balik untuk bekerja lebih baik pada tahun 2018 ini.

"Kita harus bisa membuktikan kepada masyarakat Kabupaten Way Kanan bahwa kita benar-benar serius dalam memberikan pelayanan kepada mereka sehingga kepercayaan yang besar dari mereka dapat kita raih. Kepercayaan mayarakat merupakan suatu modal sosial (social capital) yang sangat penting bagi kita dalam menjalankan fungsi pemerintahan," Pungkas Edward. 

Wakil Bupati Edward Antony juga menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada Jajaran Polres Way Kanan sebagai pengemban tugas  Kamtibmas, Kodim 0427 Way Kanan dalam mendukung kedaulatan pangan dan wujudkan kemandirian pangan, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, BPN, BPS, dan instansi vertikal lainnya yang telah berupaya mendukung pelaksanaan Pembangunan di Kabupaten Way Kanan.14N/kominfo

Related Posts

Pemkab Way Kanan Gelar Upacara Gabungan ASN TNI POLRI
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.