Kamis, 16 November 2017

Di Hadiri Deputi Bidang KB-KR BKKBN, Pemkab Lampura Canangkan Kampung KB


detikberita.info - Lampung Utara.
Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP. MH, diwakili oleh Asisten III, Drs. H. Efrizal Arsyad, SH, menghadiri acara Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) se-Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017 diLapangan Balai Desa Dusun III Desa Buring Kencana Kecamatan Blambangan Pagar Kabupaten Lampura. Kamis (16/11/2017).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BKKBN RI, diwakili oleh Deputi Bidang KB-KR BKKBN selaku pembina wilayah Provinsi Lampung, Dr. Dwi Listyawardani, M.Sc, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Dra. H. Paulina, JS. MM, perwakilan Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, para Camat, Kepala Desa Buring Kencana, Wakil Ketua TP-PKK Lampura, Hj. Dayuk ratih Anggraeni Widodo, Ketua Darma Wanita Persatuan Lampura, Hj. Dewi Anggraeni Samsir, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.


Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) Lampura, Drs. Sutikno, MM, melaporkan bahwa tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat Desa dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera dan meningkatkan peran Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi pembinaan penyelenggaraan Program KB, selain itu juga akan dilakukan pelayanan masyarakat.


Selanjutnya, pembacaan Ikrar Kampung Keluarga Berencana (KB) dan dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa bibit tanaman prokdutif berupa bibit nangka, Public Addres (Wireles Mic), Jam dinding, buku pedoman dan KB Kit, alat marawis, peralatan olahraga, alat peraga edukasi, bibit ikan, oven, tabung gas, buku bacaan, buku bacaan untuk rumah dataku oleh Dwi Listyawardani selaku Deputi Bidang KB-KR BKKBN selaku pembina wilayah Provinsi Lampung.


Dalam sambutan Bupati Lampung Utara, melalui Asisten III mengatakan, berbagai hasil pembangunan yang kita capai dan kita rasakan sekarang ini, merupakan hasil kerja keras para pemimpin bangsa, kerja keras semua Aparatur Pemerintahan dari yang teratas sampai yang terbawah dan juga hasil kerja keras seluruh komponen masyarakat.


Namun satu hal yang masih menjadi permasalahan bagi bangsa ini, yaitu adanya kenyataan makin pesatnya jumlah pertumbuhan penduduk, sehingga dibentuknya "Kampung KB" di Dusun ini, adalah untuk menghidupkan kembali keberhasilan Program KB dalam menekan dan mengendalikan pertumbuhan jumlah penduduk, banyaknya jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan serta fasilitas, menimbulkan berbagai macam persoalan sosial, mulai dari meningkatnya angka kriminalitas, pemukiman kumuh, kemacetan, kerusakan lingkungan, persaingan yang ketat dalam memperoleh lapangan pekerjaan, hingga kesehatan yang buruk.


"Kampung KB" dimaksudkan merupakan bagian dari integrasi Desa yang menjadi kegiatan strategis dalam mewujudkan program Pembangunan Nasional, sesuai dengan Nawacita Pemerintah 2015-2019, dengan dimulai dari daerah pinggiran atau perbatasan.


"Saya yakin, dengan diadakan kegiatan Pencanangan Kampung KB sekaligus Peresmian Rumah Dataku, tentunya akan dapat mendorong pembangunan menuju masyarakat yang sejahtera dan jika keberhasilan program KB disinergikan dengan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya, maka dapat memberi kehidupan masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera". Ungkap Efrizal Arsyad.


Diakhir sambutannya, dirinya berharap agar Kampung KB menjadi miniatur program KB ditingkat bawah dan Kampung KB juga dirancang sebagai upaya membumikan program KB untuk mendekatkan akses pelayanan kepada keluarga dalam mengaktualisasikan fungsi keluarga.


"Saya berharap, dengan dicanangkannya "Kampung KB" ini, masyarakat dapat semakin memiliki kesadaran akan pentingnya program KB dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bersama, dengan melaksanakan KB, berarti saudara-saudara telah ikut andil dalam mensukseskan pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini". Asisten III tersebut.


Sementara, Kepala BKKBN RI, diwakili oleh Deputi Bidang KB-KR BKKBN selaku pembina wilayah Provinsi Lampung, Dwi Listyawardani, menuturkan bahwa kebutuhan dasar masyarakat harus terpenuhi seperti kebutuhan kesehatan, pendidikan, sarana fisik terutama isolasi suatu daerah agar daerah itu dapat lebih berkembang.


Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan cenderamata serta dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Pencanangan Kampung KB Tingkat Kabupaten Lampung Utara oleh Deputi bidang KB-KR BKKBN. (fis)

Di Hadiri Deputi Bidang KB-KR BKKBN, Pemkab Lampura Canangkan Kampung KB
4/ 5
Oleh