Senin, 30 Oktober 2017

Bupati Agung Jadi Irup Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89


detikberita.info - Lampung Utara.
Dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017, tingkat Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang dilaksanakan pada hari ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Lampura, H. Agung Ilmu Mangkunegara. S.STP. MH. dihalaman Kantor Pemda setempat. Senin (30/10/2017).


Adapun diprosesi upacara tersebut, sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (MENPORA RI), dibacakan oleh Bupati Agung dan dalam sambutannya mengatakan bahwa Delapan Puluh Sembilan Tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, Daerah Kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Sumpah Pemuda dibacakan di arena Kongres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah.


Kita tentu patut bersyukur, Lanjut Bupati Agung, atas sumbangsih para Pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda, sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa, kita seharusnya malu dengan para Pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini, sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Sebelum mengakhiri sambutan, Bupati Agung menyampaikan, Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan Kepemudaan Indonesia dan pada bulan Juli 2017 yang lalu, Bapak Presiden telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan dan melalui Peraturan Presiden ini, peta jalan kebangkitan Pemuda Indonesia terus kita gelorakan, bersama Pemerintah Daerah, Organisasi Kepemudaan dan sektor swasta, kita bergandengan tangan, bergotong royong melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928.


"Saatnya kita berani bersatu untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia". Lantang Bupati Agung.


Usai membacakan sambutan, Bupati Agung selaku Pemerintahan Kabupaten Lampung Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus karena generasi muda di Kabupaten Lampung Utara secara umum telah menunjukan hasil yang cukup menggembirakan.


"Banyak kiprah dan kontribusi pemuda Lampung Utara dalam pembangunan daerah dan tidak sedikit pula yang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dan berhasil membawa nama baik Kabupaten Lampung Utara baik di tingkat regional maupun nasional". Tuturnya.


Pada upacara tersebut dibacakan juga Putusan Kongres Pemuda oleh perwakilan organisasi kepemudaan Kabupaten Lampung Utara, adapun Ikrar ini dianggap sebagai semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia berjalan dengan khidmat.


Usai Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017, di tutup dengan sesi Foto bersama Bupati Lampung Utara, Forkopimda dan Organisisi Kepemudaan Lampung Utara.


Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Lampung Utara AKBP. Eka Mulyana. SIk, Kasdim 0412, Sekda Samsir, Anggota DPRD Lampura, para Asisten, SKPD dan Organisasi Kepemudaan Lampura. (fis)

Related Posts

Bupati Agung Jadi Irup Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.