Senin, 23 Oktober 2017

Bersama Para Kiyai Dan Santri, Bupati Agung Ikut Pawai Jalan Kaki


detikberita.info - Lampung Utara.
Pemerintah Kabupaten Lampung Utara memperingati Hari Santri ke-3 Tahun 2017 yang dilaksanakan diStadion Sukung Kotabumi, adapun Bupati H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP. MH selaku Pembina Upacara yang diikuti oleh seluruh santri se-Kabupaten Lampung Utara. Senin (23/10/2017).


Sebelumnya, pada peringatan Hari Santri, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara bekerja sama dengan PC. NU Lampung Utara dengan menyelenggarakan lomba Qasidah dan Hadroh yang diikuti oleh 1917 peserta se-Kabupaten Lampung Utara.


Dalam amanatnya, Bupati Agung menjelaskan sebagai generasi penerus bangsa untuk menghidupkan kembali semangat juang dari para Ulama pendahulu kita, pahlawan yang telah memperjuangkan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, generasi hari ini, para santri dan kita semua, menjadi penentu kemajuan bangsa esok hari sebab di tangan dan di kaki kitalah kemajuan bangsa dan kehidupan umat ditentukan.


Karenanya, melalui peringatan Hari Santri Nasional ini diharapkan dapat mewujudkan hubungan yang semakin sinergi antara pemerintah dan santri, untuk mendorong komunitas santri ke poros peradaban Indonesia dan santri tidak hanya sebagai penonton ataupun obyek dalam dialektika sosial, budaya, ekonomi serta politik, tetapi harus menjadi subyek yang menyatu dengan derap langkah pemerintah dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan, menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.


Dalam membawa perubahan, umat Islam memerlukan kebersamaan, Negara kita yang besar ini tidak akan dapat dikelola dengan baik tanpa adanya kebersamaan, demikianpun dengan Kabupaten Lampung Utara yang kita cintai ini, bila tidak kita kelola secara bersama-sama maka tidak mudah bagi kita untuk melakukan perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.


Masih dalam amanatnya, Bupati memaparkan, bahwa hari santri merupakan peringatan dalam mengenang jasa para ulama dan kiyai dalam ikut serta mewujudkan kemerdekaan di negeri ini, oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada para satriwan-satriwati agar tidak hanya menjadi penoton dalam menentukan arah pembangunan dinegeri ini, khususnya di Kabupaten Lampung Utara.


"Sekarang sudah bukan zamannya lagi mengangkat senjata melawan penjajah, tapi bagaimana peran kita dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di negeri ini dan sudah saatnya sekarang Santri tidak hanya menjadi objek pembangunan tapi ikut berperan sesuai keahlian di bidangnya masing-masing". Kata Bupati Agung.


Menurutnya, hal positif yang dapat dikembangkan oleh para santri dalam ikut mengawal perubahan peradaban bangsa dalam ikut serta mengawal peradaban agar dapat lebih baik lagi salah satunya dengan menebarkan hal positif kepada sesamanya, sehingga kebinekaan yang ada, khususnya di Lampung Utara dapat terus terjaga secara berkesinambungan sehingga perjuangan saat ini dalam melepaskan belenggu kesengsaraan dapat lebih bermakna sifatnya.


"Jadi kenapa itu penting dilakukan, karena untuk mewujudkan peradaban negeri menuju kesejahteraan dan kemakmuran adalah tugas bersama". Ujarnya.


Seusai memberikan amanat, Bupati Agung memberikan hadiah bagi para Pemenang lomba Qasidah, Hadroh yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu dan dilanjutkan dengan pelepasan Pawai dan pada kesempatan tersebut Bupati Agung juga ikut serta berjalan kaki mengenakan sarung bersama para Kiyai dan para santri.


"Suatu kebanggaan tersendiri karena ini merupakan moment bahwasanya santri berperan dalam memajukan pembangunan Kabupaten Lampung Utara yang kita cintai". Pungkasnya. (fis)

Bersama Para Kiyai Dan Santri, Bupati Agung Ikut Pawai Jalan Kaki
4/ 5
Oleh