Rabu, 19 Juli 2017

Wow... HUT Ke-71 Pemkab Lampura Kembali Dapatkan Rekor Muri

detikberita.info - Lampung Utara.
Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Utara ke-71 Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) mendapatkan Rekor Muri untuk kedua kalinya, yaitu 1000 Orang Menulis Aksara Lampung yang di gelar diHalaman Islamic Center Kotabumi. Rabu (19/7/2017).

Kegiatan yang bertemakan, "Bersatu Untuk Lampung Utara Maju, Pendidikan Berkualitas, Bersatu Kita Kuat, Bersama Kita Hebat", dihadir Bupati Lampura, yang diwakili oleh Wakil Bupatinya, dr. H. Sri Widodo, M.Kes.Sp.PD.FINASIM, Sekretaris Daerah, Samsir, Yusup Ngadri dan Awan Raharjo dari Rekor Muri Indonesia, Ketua Umum Dekranasda Lampura, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, S.STP.MH, Wakil Ketua Umum Dekranasda, Hj. Dayuk Ratih Handayani Widodo, Ketua Darma Wanita Persatuan Lampura, Hj. Dewi Anggraeni Samsir, para Asisten, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Anggota DPRD Lampura, Kapolres serta para peserta menulis Aksara Lampung.

Ketua Umum Dekranasda Lampura, mengucapkan selamat datang kepada Tim Rekor Muri Indonesia di Kabupaten Lampung Utara.

"Saya ucapkan selamat datang kepada tim Rekor Muri Indonesia yang untuk kedua kalinya di Kabupaten Bumi Ragem Tunas Lampung ini". Tutur Hj. Endah.

Dirinya juga memaparkan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan melestarikan Aksara Lampung dikarenakan masyarakat Lampung khususnya anak muda Lampung kurang menyadari dan memahami akan pentingnya penguasaan Bahasa dan Aksara Lampung, untuk memasyarakatkan penggunaan Bahasa dan Aksara Lampung dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengukur capaian pembelajaran Aksara Lampung, sebagai salah satu mata pelajaran ekstra kulikuler di Sekolah, serta untuk memecahkan Rekor Muri sebagai salah satu kegiatan massal yang bersifat kedaerahan, guna lebih memperkenalkan potensi Budaya Daerah.

Adapun acara menulis Aksara Lampung ini diikuti oleh 21 SMP Negeri dan Swasta se-Lampura dengan jumlah total peserta sebanyak 1.269 siswa dan siswi.

Diakhir sambutannya, Hj. Endah Kartika Prajawati Agung, menyanpaikan pesan kepada para peserta menulis Aksara Lampung. "Belajar yang rajin dan selalu berdo'a, semoga kalian dapat menjadi generasi penerus bangsa yang bermanfaat". Tutupnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan sebagai warga masyarakat Lampung, sudah seharusnya dapat memelihara dan melestarikan berbagai budaya yang telah diwariskan  oleh para leluhur, seperti Lampung memiliki aksara yang disebut Aksara Lampung.

Selain itu, Wakil Bupati mengatakan dengan adanya Rekor Muri ini dapat lebih menambah semangat anak Lampung untuk dapat lebih mencintai Aksara Lampung sebagai warisan yang harus dijaga.

Sementara kepada Tim Rekor Muri Indonesia, Wabup mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan, karena Rekor Muri ini merupakan hadiah untuk perayaan HUT Kabupaten Lampung Utara.

"Terima kasih atas penghargaan ini, semoga dengan semua ini dapat lebih menciptakan rasa cinta kepada warisan Lampung, khususnya anak Lampung". Kata Wabup Widodo.

Usai memberikan sambutan, Wakil Bupati membuka pelaksanaan Rekor Muri Menulis Aksara Lampung dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Rekor Muri, penilaian dan penyerahan Rekor Muri.

Sebelum menyerahkam Rekor Muri, tim penilai mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Lampung Utara.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya dalam menyambut kedatangan kami". Katanya.

Selain itu, tim penilai Rekor Muri memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, sebagai ajang pelestarian Budaya lokal, sehingga nama Kabupaten Lampung Utara bisa masuk lagi kedalam Rekor Muri, dengan peserta menulis Aksara Lampung dengan peserta sebanyak 1.269 orang dan dengan adanya Rekor Muri ini, menunjukkan bahwa Kabupaten Lampung Utara sangat mencintai budaya Lampung dan diharapkan dapat mampu untuk memelihara dan melestarikannya.

"Pemerintah Daerah bersama-sama masyarakat Kabupaten Lampung Utara tentu menyadari bahwa kebudayaan merupakan aset bangsa". Uangkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa diantara lebih 700 suku yang ada di Indonesia, tidak semuanya mempunyai Aksara dan Provinsi Lampung patut berbangga menjadi salah satu Provinsi yang memiliki Aksara Lampung.

"Selamat Ulang Tahun kepada Kabupaten Lampung Utara, semoga Kabupaten Lampung Utara dapat terus berkembang tanpa meninggalkan warisan leluhur dan Kami sampaikan Selamat atas prestasi Rekor Muri dengan penulisan Aksara Lampung dengan peserta terbanyak dengan kategori superlatif". Pungkasnya.

Untuk diketahui, selain dilaksanaknnya Rekor MURI Aksara Lampung, acara tersebut dilaksanakan juga penyerahan Karya hasil Bendera Merah Putih dengan ukuran 72 meter x 2,4 meter dari Dra. Enna Maliana. M.Pdi selaku Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah 1 Kotabumi kepada Pemkab Lampura dalam rangka HUT Ke-71 Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017 dan selanjutnya Pemkab Lampura, dibawah Pimpinan Bupati Lampura H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.TSP.MH, melalui Wabup Widodo menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Enna Maliana. (fis)

Related Posts

Wow... HUT Ke-71 Pemkab Lampura Kembali Dapatkan Rekor Muri
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.