Rabu, 29 Maret 2017

Hore... Pemkab Way Kanan Dapat Bantuan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Pasca Bencana Tahun Anggaran 2017

detikberita.info.com - Way Kanan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, menerima bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tahun anggaran 2017, pemberian bantuan tersebut diselenggarakan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB dan dihadiri Bupati Hi. Raden Adipati Surya di dampingi Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Way Kanan, Rusli Arsyad saat menghadiri rapat koordinasi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Auditorium Lt.15 Graha BNPB Jakarta Timur. Rabu (29/03/2017)

Dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 – 2019 terdapat 136 Kabupaten/Kota yang terletak di pusat-pusat pertumbuhan dengan indeks risiko tinggi, yang menjadi prioritas penurunan indek resiko bencana nasional dan peningkatan perekonomian nasional dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan terkendala dengan ancaman bencana.

Sesuai RPJMN 2015 – 2019, Kabupaten/kota yang menjadi prioritas tersebar dalam wilayah pulau sebagai berikut : Papua terdapat 10 Kabupaten/kota, Jawa-Bali terdapat 36 kabupaten/kota, Kalimantan terdapat 18 kabupaten/kota, Maluku terdapat 12 kabupaten/kota, Nusa Tenggara 15 kabupaten/kota, Sulawesi 24 kabupaten/kota, dan Sumatera 21 kabupaten/kota.

Selain 136 kabupaten/kota tersebut , BNPB akan terus memberikan penguatan kepada BPBD, Berdasarkan data yang ada menunjukkan eskalasi kejadian bencana selalu meningkat, yang menuntut harus melakukan penguatan kelembagaan baik di tingkat pusat dan BPBD di daerah.

Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan peralatan maupun dana hibah penanggulangan bencana, dari Informasi yang dihimpun dinas komunikasi dan informatika, selain Rapat Koordinasi, pada kesempatan itu juga akan diserahkan Bantuan dana hibah bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana Tahun anggaran 2017 kepada 92 kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Way Kanan.

Diketahui bahwa bersama Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Barat, Tulang Bawang, Kabupaten Way Kanan termasuk daerah kategori rawan bencana banjir di provinsi Lampung. (14N)

Related Posts

Hore... Pemkab Way Kanan Dapat Bantuan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Pasca Bencana Tahun Anggaran 2017
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.